Antar Langsung Rastra ke Rumah Warga, Wujud Pemkot Parepare Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe sudah menginstruksikan jajarannya agar penyaluran bantuan beras bagi masyarakat pra sejahtera (Rastra) atau program Beras Peduli tiba tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sejak diluncurkan pada Jumat, 22 April 2022, tim penyalur Beras Peduli bersama kelurahan dan kecamatan bekerja siang dan malam mengantarkan bantuan langsung ke rumah warga penerima. Ada 2000 KPM di 22 kelurahan ditambah 33 KPM kusta yang menerima bantuan Beras Peduli ini. Mereka rutin menerima beras kemasan 5 kg setiap bulan selama satu tahun.

Seperti halnya Pemerintah Kelurahan Watang Soreang mengantar langsung bantuan beras sejahtera kepada 89 penerima manfaat. Pembagian Rastra tersebut dilakukan staf Kelurahan Watang Soreang diarahkan oleh ketua RT/RW yang didampingi oleh Babinsa dan Babinkantibmas pada Sabtu malam, 23 April 2022.

Lurah Watang Soreang, Hikmayani Sulaeman mengatakan, penerima bantuan Rastra di kelurahan Watang Soreang sebanyak 89 orang (DTKS) dan penerimaan direkapitulasi untuk tiga bulan sekaligus jadi total beras yang diterima sebanyak 267 kemasan lima kilogram. "Penyaluran langsung diterima oleh penerima bantuan di rumahnya masing-masing," jelasnya.

Sama halnya Pemeritahan Kelurahan Lakessi. Lurah Lakessi, Muhammad Fadel mengaku, terus bergerak siang dan malam menyalurkan Beras Peduli ke masing-masing PKM. Pada Minggu malam, 24 April 2022, tim penyalur bekerja hingga pukul 22.00, mengantar beras langsung ke rumah warga penerima.

“Atas instruksi Bapak Wali Kota, Beras Peduli ini diterima langsung masyarakat di depan rumahnya masing-masing. Sehingga kami antar hingga malam hari, agar penyaluran cepat selesai, dan masyarakat dapat cepat memanfaatkan,” ungkapnya.

Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad juga terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Parepare, untuk memastikan penyaluran Beras Peduli tepat sasaran, dan distribusi memudahkan warga, yakni diantar langsung ke rumah.

“Pastinya kami koordinasikan dengan Dinas Sosial. Insyaa Allah, sesuai instruksi Bapak Wali Kota, penyaluran Beras Peduli ini tepat sasaran karena diantar langsung ke rumah PKM,” kata Iwan Asaad.

Sebelumnya, Wali Kota Taufan Pawe mengatakan, program Beras Peduli ini hadir menjadi bukti bahwa pemerintah selalu ada untuk rakyatnya. Bantuan Beras Peduli ini dianggarkan senilai Rp1,2 miliar yang disiapkan untuk meringankan beban masyarakat. “Rp1,2 miliar kita anggarkan demi untuk meringankan beban masyarakat,” harap Wali Kota Parepare dua periode ini. (nan)

Editor: salman razak
  • Bagikan