Metode Persalinan Eracs Kini Hadir di Parepare. Perawatan Luka Modern dan Penyembuhan Lebih Cepat

  • Bagikan

PAREPARE,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Eracs (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery) metode metode persalinan di rumah sakit yang saat ini sudah mulai banyak diterapkan. Betapa tidak, metode eracs ini salah satu yang menjadi tren karena merupakan metode baru operasi caesar pada ibu melahirkan dengan pendekatan khusus perawatan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu, sebelum, selama, dan setelah menjalani operasi persalinan caesar.

Tujuannya agar mobilitas dan proses penyembuhan persalinan dapat dipercepat karena perawatan luka lebih modern. Metode ini kini hadir pertama kali di kota Parepare yakni di Rumah Sakit Ibu dan Anak Ananda Trifa Jalan H. Agussalim No. 218 depan Islamic Center Parepare.

Direktur Rumah Sakit Ibu & Anak Ananda Trifa Parepare dr Murty Ekawati mengatakan, sejak ditetapkannya metode persalinan eracs di rumah sakit tersebut, puluhan pasien sudah merasakan manfaatnya. Selain durasi perawatan yang singkat, melahirkan dengan metode eracs dapat mengurangi resiko nyeri pada ibu serta proses penyembuhan yang lebih cepat.

"Kelebihan metode ini karena dapat meningkatkan kenyamanan pasien, pemulihan lebih cepat hingga 24 jam sudah bisa pulang, dan pasien dapat duduk, berdiri maupun minum dan makan, dalam waktu kurang dari 4 jam setelah operasi, katanya.

Selain itu, kelebihan perawatan menggunakan metode eracs karena pasien akan ditangani oleh tim dokter yang handal terdiri dari dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anestesi dan dokter spesialis anak. Pasien pengguna kartu BPJS kesehatan juga mendapatkan layanan gratis alias tidak dipungut biaya pada penggunaan perawatan metode eracs tersebut.

RS Ibu & Anak Ananda Trifa disebut merupakan satu-satunya yang menerapkan layanan tersebut di Parepare. Dimana pasien yang ingin melahirkan secara caesar sudah dapat mendapatkan pelayanan di rumah sakit tersebut.

"Metode eracs juga mengurangi resiko komplikasi, meningkatkan bonding antara ibu dan bayi serta pemulihan lebih cepat sehingga para ibu bisa beraktivitas kembali," paparnya.

Selain metode eracs, RS Ibu & Anak Ananda Trifa juga menawarkan pelayanan medis sunat atau khitan lem, serta perawatan luka moderen. Metode ini telah ditetapkan untuk mengurangi resiko nyeri bagi pasien. Dikatakan khitan lem karena sunat jenis ini menggunakan lem atau cairan perekat khusus yang berfungsi menutup luka setelah sunat. Metode sunat lem ini juga mulai populer karena pasien yang telah menjalani proses sunat lem tanpa perlu mendapatkan jahitan, yang dilakukan oleh tim ahli dari member KLN (Khitan Lem Nusantara)

"Jadi anak-anak tidak perlu takut atau trauma karena sunat ini tidak perlu dijahit," ujarnya.

Waktu pengerjaan metode sunat ini juga lebih cepat dengan proses penyembuhan yang lebih cepat pula. Semua aplikasi penanganan medis dan perawatan tersebut bisa didapatkan di RS Ibu dan Anak Ananda Trifa Parepare.(*)

  • Bagikan