Parepare Ranking 5 Nasional Kota Pembangunan Berkelanjutan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare kembali mendapat penghargaan nasional. Penghargaan kali ini atas pembangunan berkelanjutan dari Universitas Indonesia (UI) berupa anugerah UI Green City Metric Tahun 2022, yang menempatkan Parepare ranking 5 nasional Kota Paling Berkelanjutan.

Di ajang yang sama, Parepare mendapatkan penghargaan kategori Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim.

Bahkan untuk kategori ini, Parepare menjadi yang terbaik untuk pembangunan berkelanjutan bidang energi dan perubahan iklim se-Indonesia, karena mendapat poin tertinggi. Universitas Indonesia sampai menyebut Parepare Best Of The Best atas penghargaan itu.

Prestise itu masih ditambah Parepare berada di rangking 5 nasional dari 34 Kabupaten Kota se-Indonesia yang masuk dalam ranking pemeringkatan di ajang ini.

Parepare satu-satunya dari Sulawesi yang masuk ranking 10 besar. Sementara Kota Makassar, perwakilan Sulsel lainnya di ajang ini berada di ranking 27. Tiga terbaik di ajang ini adalah ranking 1 Kota Semarang, ranking 2 Kota Kediri, dan ranting 3 Kota Padang.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe hadir langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Ketua UI Green Metric, Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MM MSc dan Sekretaris UI, dr Agustin Kusumayati MSc PhD di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Kamis, 21 Juli 2022.

"Alhamdulillah penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan Universitas Indonesia atas pembangunan berkelanjutan di Kota Parepare, dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. Terima kasih, terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Parepare atas kerja-kerjanya, dan masyarakat Kota Parepare atas dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan dengan tetap mencintai lingkungannya," kata Wali Kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Dalam pengumuman UI Green City Metric Rankings 2022, Parepare berada di ranking 5 dengan total skor 5750. Skoring itu masing-masing dari penilaian penataan ruang dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, tata kelola sampah dan limbah, tata kelola air, akses dan mobilitas, serta tatapamong atau governance.

Sementara dalam UI Green City Metric Awards 2022, Parepare mendapatkan penghargaan sebagai Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim.

Adapun sembilan kategori penghargaan di ajang ini adalah Kota Paling Berkelanjutan Ketiga di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan Kedua di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan Pertama di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Limbah di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Air di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Akses dan Mobilitas di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Pamong di Indonesia. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan