Pemkab Diharap Lebih Banyak Action, untuk Pelestarian Alam dan Lingkungan

  • Bagikan

Bupati Majene Andi Achmad Syukri menerima piagam penghargaan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulbar di Pantai Barane, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diharapkan untuk tidak memperbanyak konsep seremonial, akan tetapi lebih banyak action di lapangan.

Harapan ini, disampaikan Pejabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi Sulbar di Pantai Barane, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Jumat lalu.

Akmal menginginkan untuk dapat memecahkan rekor satu juta pohon seperti dilakukan Provinsi Jawa Tengah serta melibatkan setiap perusahan, perbankan dan lainnya untuk berkontribusi.

"Untuk kontribusi nyata pelestarian alam dan lingkungan, seperti penanaman pohon di setiap kabupaten di Sulbar secara real, harus dilibatkan perusahaan sejak awal termasuk para penggiat lingkungan," pintanya.

Ia berjanji, tidak akan menghadiri jika terdapat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuat kegiatan seremoni. Baik peringatan hari anak, lingkungan hidup dan lainnya.

"Saya tidak akan hadir, lebih baik kita bergerak di lapangan dengan berkeringat, karena itu yang ingin dilihat masyarakat," paparnya.

Di tempat yang sama, Bupati Majene Andi Achmad Syukri mengungkapkan, peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia telah dilaksanaan aksi nyata dengan gotong royong membersihkan pantai, taman kota, pasar, sungai, terminal, masjid dan kantor pemerintah.

'Selain itu, kita juga bersepeda untuk mengurangi emisi kendaraan bermotor dalam upaya pengendalian pencemaran udara serta penanaman pohon, serta membersihkan lingkungan dengan melibatkan semua instansi pemerintah, instnasi vertikal, dan warga di delapan kecamatan," sebutnya.

Karena itu, ia berharap, momen Hari Lingkungan Hidup, menjadi alarm, tanda siaga untuk berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan yang kompleks. Termasuk juga dilakukan penanaman pohon di sekitar Pantai Barane bersama seluruh pejabat.

Setelah penanaman pohon, dilanjutkan pemberian piagam penghargaan kepada penerima proklim utama dan madya, sekolah Adiwiyata penyerahan Proper 2022, penyerahan bibit dan cairan ekoenzim dari Gubernur Sulbar ke Bupati Majene. (edy)

Editor: SYAHRIR HAKIM
  • Bagikan