Erna Rasyid Taufan Ajak Lestarikan Bahasa Daerah

  • Bagikan

PAREPARE, PREPOS.CO.ID -- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan mengajak untuk terus peduli dan melestarikan bahasa daerah sebagai khazanah budaya dalam menjaga kearifan lokal, khususnya di Kota Parepare.

Hal itu disampaikan istri Wali Kota Parepare ini, saat membuka Lokakarya Bahasa Daerah di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare, Selasa 30 Agustus 2022.

Kegiatan yag dilakasanakan oleh Disdikbud mengangkat tema 'Revitalisasi Bahasa Daerah untuk Tunas Bahasa Ibu', akan berlangsung dua hari, Selasa-Rabu, 30-31 Agustus 2022. Sebanyak 40 peserta dari guru Bahasa Daerah jengang SD, Madrasah Ibtidayyah, SMP dan Madrasah Tsanawiyah.

Kepala Bidang Kebudayan Disdikbud Kota Parepare, Mustadirham berharap terus menghidupkan dan menjaga kelestarian bahasa daerah. "

"Sebagai institusi yang menangani perkembangan anak, peserta didik maka sudah tepat bahasa daerah itu dilakukan secara terprogram di jenjang pendidikan," jelasnya.

Dia menyebutkan, program bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Parepare. "Karena pelestarian bahasa daerah Bugis merupakan bagian didukung oleh lingkungan keluarga, sehingga ada instensitas Tim Penggerak PKK pada kegiatan tersebut, untuk menjaga kelestarian bahasa Bugis," katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menitip pesan agar lebih peduli dalam melestarikan bahasa daerah dari kepunahan.

"Dikhawatirkan bagi anak-anak kita ke depannya sudah tidak bisa lagi bahasa Bugis. Padahal itu sangat penting. Karena dalam bahasa Bugis banyak sekali makna penting yang terkandung di dalamnya. Utamanya dalam silsilah itu yang ada di lontara mengandung hikmah. Karena sebelum agama turunkan adat dan budaya menjadi aturan dipakai di kehidupan kita. Adat itu tidak jauh-jauh dari agama. Meski begitu, agama tetap menjadi nomor satu," tandasnya. (ana)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan