Lahirkan Karya Inovasi Teknologi, Wahyu Nurul Ramadani asal Parepare Wakili Sulsel di Ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2022

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Melahirkan karya nyata di bidang inovasi teknologi, Wahyu Nurul Ramadani putri terbaik asal Kota Parepare mewakili Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2022. Ajang itu diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI).

Itu terungkap di sela-sela kunjungan panitia pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Kemenpora RI) ke Kantor Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare, Rabu, 31 Agustus 2022.

Kunjungan tersebut diterima langsung Kepala Disporapar Kota Parepare, Amarun Agung Hamka didampingi Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Parepare, Mansyur Sunusi.

Kunjungan dalam rangka peninjauan (fact finding) terhadap Wahyu Nurul Ramadani, yang merupakan bagian dan proses seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Peninjauan dalam bentuk wawancara dan presentasi.

Nurul begitu panggilan akrabnya, berhasil melahirkan karya nyata dalam Kepeloporan Bidang Inovasi Teknologi, yakni Indonesia Virtual Field Tour.

Nurul sendiri merupakan alumni MA DDI Lilbanat Parepare, selama ini sudah menggeluti dan memiliki kemampuan di bidang IT, salah satunya desain grafis. Nurul kini sedang menajalani kuliah di kampus UNHAS Makassar.

Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional, Sugianto mengatakan, melalui pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional, generasi muda punya kreasi, dan kemapuan. "Pada saat seleksi peserta Pemuda Pelopor sangat bagus menyampaikan presentasinya," kata Sugianto.

Dia pun mengungkapkan, dalam proses pemilihan Pemuda Pelopor ini, diharapkan mengeluarkan kemampuan dan ilmu yang dimiliki.

"Hasil presentasinya (Nurul) tadi lumayan. Kami juga sudah beri masukan tadi untuk perbaikan ke depannya," jelasnya.

Sementara itu, Wahyu Nurul Ramadani mengatakan, pada Pemilihan Pemuda Pelopor, dirinya mengangkat judul Indonesia Virtual Field Tour. Melalui konsep dan desain produk, percetakan papan permainan, pemesanan atribut permainan, perekaman voice over, pengawasan produk dan promosi dan penjualan.

"Untuk sasaran kepeloporan, saya menghadirkan media pembelajaran nasionalisme bagi generasi muda, mengurangi adikasi game online pada generasi muda, membantu tercapainya program RIPKN 2010-2025," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Parepare, Amarun Agung Hamka mengungkapkan , Wahyu Nurul Ramadani terpilih mewakili Sulsel dalam ajang Pemuda Pelopor setelah keluar sebagai juara pertama dalam ajang Pemuda Pelopor yang diselenggarakan Disporapar Parepare pada tahun 2021 lalu. Selanjutnya, berhasil masuk lima besar untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Nurul kini dikirim untuk bersaing dengan pemuda-pemudi lainnya pada tingkat nasional. Saat ini, sedang dalam proses dan tahapan bimbingan,” tandas Hamka. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan