Pemdes Tubo Gelar Lomba Perahu Katinting

  • Bagikan

Salah satu peserta lomba perahu katinting yang dilaksanakan Pemdes Tubo Poang, Kecamatan Tubo Sendana.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Berbagai kegiatan diselenggarakan masyarakat di seluruh nusantara, dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) 2022.

Kegiatan itu di antaranya, panjat pinang, tarik tambang, pesta rakyat atau malam ramah tamah, lomba dayung, gerak jalan, dan lain sebagainya. Termasuk sejumlah permainan tradisional turut pula mengisi berbagai kegiatan tersebut.

Salah satunya seperti lomba perahu katinting di sepanjang Pantai Tubo Poang, Desa Tubo Poang, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene. Kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Desa (Pemdes) Tubo Poang bekerja sama dengan para pemuda dan mahasiswa Tubo Poang.

"Jadi tujuan kegiatan ini, sebagai salah satu hiburan masyarakat, ajang silaturahmi dan persatuan serta kesatuan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 RI," terang Kepala Desa Tubo Poang, Abdul Wahid B, kemarin.

Ia mengaku, ajang perlombaan perahu katinting itu, ke depannya akan lebih ditingkatkan dan bisa menjadikan agenda utama sebagai program tahunan Pemdes Tubo Poang. Apalagi kegiatan lomba perahu katinting ini, cukup menarik dan digemari masyarakat sekitar.

Terlebih warga di desa ini, rata-rata mata pencahariannya adalah nelayan dan selebihnya bertani dan berkebun, sehingga layak untuk terus dikembangkan secara berkesinambungan.

"Untuk kali ini ada 16 peserta yang ikut dalam kegiatan ini, artinya lomba kantinting ini peminatnya cukup banyak. Namun, dibatasi dan hanya bisa diikuti peserta dari masyarakat lokal Desa Tubo Poang. Pada perlombaan perahu katinting tahun ini, juga dihadiri Anggota DPRD Majene H Parman, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya," ungkapnya. (edy)

  • Bagikan