TMMD Ajarkan Kebangsaan Hingga Memasak

  • Bagikan

Satgas TMMD ke-114 Kodim 1405/Parepare kunjungi siswa-siswi di sekolah ajarkan kebangsaan.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke-114 Kodim 1405/Parepare, menyasar sekolah-sekolah seperti di UPT SMAN 5 Kota Parepare, memberikan pelatih baris berbaris (PBB), Jumat, 19 Agustus 2022.

Satgas juga memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa. Kegiatan tersebut merupakan TMMD ke-114 tahun 2022 Kodim 1405/Parepare yang dipusatkan di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare. Selain itu, juga ada kegiatan fisik di Kecamatan Bacukiki.

Tak sampai disitu, anggota Satgas TMMD turut juga membantu emak-emak di dapur untuk mengelola masakan, di salah satu rumah warga, yang disebut Desa Pertanian, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare.

Kehadiran prajurit Satgas TMMD di daerah itu memberikan suasana baru. Sebab mereka menetap disalah satu rumah warga di Desa Pertanian selama sebulan. Bahkan, mereka juga melaksanakan kegiatan olahraga bersama dengan pemuda, yaitu pertandingan sepak bola dan voli, yang digelar di dua tempat yang berbeda, di antaranya Lapangan Voli dan Lapangan Sepak Bola, di Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Kamis, 18 Agustus 2022.

Warga Desa Pertanian, Kase (43) mengatakan, warga yang mendapatkan kesempatan tersebut merasa senang, karena setiap hari dirinya bisa bercengkerama dengan para prajurit dan selama sebulan hidup dan tinggal bersama para prajurit TNI.

"Hari-hari kami sebelumnya sepi, kini ramai, penuh tawa dan canda. Bahkan, saat sore tiba, prajurit Satgas sepulang dari lokasi TMMD pun menyempatkan diri membantu kami memasak di dapur," kata ibu Kase .

Dia mengaku, kaget ketika melihat para tentara ikut membantu. Bahkan,anggota Satgas TMMD pun tidak canggung, seperti yang dilakukan Danton satgas Letda Arh Aldy Sassena. Atau Danton III Raimer A YonArhanud 16/SBC/3/Kostrad yang ikut membantu warga setempat, tuan rumah yang sedang membuka kelapa atau sekedar memasak dagin, sebagai lauk makan malam. Suasana keakraban pun nampak jelas, serasa seperti keluarga.

"Rasanya kaget dan bangga untuk pak tentara, mau bantu masak, dan ternyata mereka bisa memasak," ungkap Kase.

Danton satgas TMMD Letda Arh Aldy Sassena, menambahkan, guna menjalin kebersamaan dan keakraban, sekaligus membina warga untuk terus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Satgas TMMD mengajak para pemuda untuk berolahraga dengan bermain sepak bola dan voli.

"Kegiatan olahraga tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalin komunikasi sosial sekaligus menjalin keakraban antara warga masyarakat khususnya pemuda dengan TNI yang sedang melaksanakan Satgas TMMD di desa tersebut, di samping itu juga bertujuan untuk menjaga fisik para prajurit karna selama satu bulan bergabung di Satgas TMMD ini tidak sempat melaksanakan kegiatan bina fisik," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan hampir setiap sore, setelah selesai melaksanakan sejumlah pekerjaan, sambil menunggu waktu magrib. Ini bukan merupakan ajang unjuk prestasi dan kekuatan, melainkan ajang kebersamaan, kekompakan dan solidaritas TNI-Warga.

"Diharapkan, dengan adanya kegiatan olahraga bersama tersebut semakin mempererat hubungan dan tali silaturrahmi antara TNI-Rakyat,” pungkasnya.

Lebih lanjut , Letda Arh Aldy Sasena, menjelaskan, olahraga bersama pemuda dilakukan dengan penuh kegembiraan. Meskipun para anggota satgas TMMD sibuk dengan berbagai kegiatan fisik dan non fisik, tak menyurutkan semangat anggota Satgas TMMD ke-114 membaur dengan masyarakat melalui olahraga ini.

"Olahraga ini juga untuk menjaga kebugaran fisik, kesehatan bagi personel dan juga sarana untuk silahturahmi dengan warga setempat. kegiatan olahraga bersama ini dilakukan agar timbul keakraban yang baik antar TNI dan elemen masyarakat," tandasnya. (has)

  • Bagikan