Hadirkan Pemateri dari LAN, Pemkot Parepare Terus Tingkatkan SDM Pejabat Fungsional

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) aparatur di lingkungan kerjanya. Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Sosialisasi dan Diseminasi Penyusunan Policy Paper dan Policy Brief bagi para pejabat fungsional lingkup Pemkot Parepare.

Asisten III Setdako Parepare, Eko W Ariyadi mewakili Wali Kota Parepare membuka resmi kegiatan itu, dan dihadiri narasumber dan Puslatbang KMP Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Anita di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare pada Selasa, 6 September 2022.

Peserta dalam kegiatan para pejabat fungsional antara lain analis hukum, analis kebijakan, analis SDM aparatur, analis keuangan pusat dan daerah, perencana. Asisten III Eko W Ariyadi mengingatkan pentingnya penyusunan policy paper (penulisan laporan kebijakan) dan policy brief (penulisan ringkasan kebijakan) yang menjadi salah satu tugas pejabat fungsional.

“Sosialisasi dan diseminasi penyusunan policy paper dan policy brief ini penting dalam rangka peningkatan SDM aparatur yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan khususnya para pejabat fungsional,” katanya.

Anita dari LAN mengulas policy brief dari sisi implementasi kebijakan penyederhanaan birokrasi di daerah. Dia juga menjelaskan tentang redesain model pengembangan kompetensi pejabat fungsional penyetaraan, bagaimana memoles analis kebijakan hasil penyederhanaan menjadi profesional, dan bagaimana menggiatkan peran instansi pembina dalam merangkul pejabat fungsional hasil penyetaraan.

“Penting juga kita membangun sistem kerja ideal di pemerintah daerah, dan membangkitkan motivasi kerja pejabat fungsional hasil penyetaraan. Dan bagaimana penguatan kebijakan penyederhanaan birokrasi adalah sebuah upaya mitigasi masalah,” tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan