Taufan Pawe Ajak Warga Salat Jumat Berjemaah di Masjid Terapung Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare menggelar safari zikir di Masjid BJ Habibie. Dihadiri langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bersama jajarannya.

Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan. Safari zikir kali ini dilaksanakan secara perdana di Masjid Terapung Parepare, Kamis malam, 8 September 2022.

Pada kesempatan itu, Wali Kota pun mengajak seluruh umat muslim untuk melaksanakan Salat Jumat perdana di Masjid BJ Habibie. Itu sekaligus pencanangan difungsikannya masjid terapung itu, untuk pelaksanaan salat lima waktu.

Wali Kota pada kesempatan tersebut mengisahkan awal lahirnya konsep Safari Zikir yang masih rutin dilaksanakan hingga saat ini.

Kehadiran pemerintah di masjid kebanggaan masyarakat Parepare, kata dia, memiliki makna yang sangat berarti yang berkaitan dengan rutinitas Pemerintah Kota Parepare melaksanakan safri zikir setiap Kamis malam.

Wali Kota Paerepare dua periode ini juga menyampaikan, hadirnya safari zikir ini sebagai awal pelaksanaan kegiatan-kegiatan ibadah di Masjid Terapung BJ Habibie, termasuk mencanangkan tepat tanggal 9 bulan 9 akan dilaksanakan Salat Jumat perdana, Jumat, 9 September 2022.

"Kenapa kita hadir di tempat ini karena saya mau mencanangkan bahwa besok Jumat tanggal 9 bulan 9 sebagai makna Asmaul Husna. Kita memulai kegiatan ibadah Salat Jumat pertama kalinya di tempat ini. Karena saya merasa bahwa masjid kebanggaan kita ini sudah lebih dari cukup mendekati kesempurnan untuk kita gunakan,"ujarnya.

Dia meminta ke seluruh jajaran hingga camat dan lurah agar menyampaikan ke masyarakat terkait pencanangan Saalat Jumat perdana yang akan dilaksanakan di masjid terapung tersebut.

"Mari kita ramaikan masjid kita dalam pelaksanaan Salat Jumat berjemaah perdana besok," ajak Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Wali Kota menambahkan, setelah rutin menggelar zikir bersama selama tiga bulan lamanya. Dia pun menyadari bahwa zikir bersama ini bukan hanya milik jajaran Pemkot Parepare. Tetapi milik masyarakat umum.

"Saya menyadari bahwa zikir bersama ini bukan hanya milik jajaran Pemkot Parepare. Tetapi juga masyarakat Kota Parepare, dengan konsep pada waktu itu, tamasya dalam ibadah. Alhamdulillah, ini bukan hanya di gelar di pusat kota, namun di pelosok-pelosok kelurahan. Safari zikir ini sudah berusiah kurang lebih 9 tahun," pungkas Taufan Pawe. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan