Taufan Pawe Dorong OPD Lahirkan Inovasi Baru Maksimalkan Pelayanan Publik

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Parepare (Pemkot) mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melahirkan inovasi baru dalam memaksimalkan pelayanan publik.

Hal itu ditekankan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe merespons inovasi yang digagas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kolaborasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau terkait penerbitan akte kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara gratis.

Taufan Pawe juga mendorong OPD untuk memberikan pelayanan publik secara maksimal sesuai ekspektasi masyarakat.

Pemerintah kota bertajuk kota cinta tersebut, kata Taufan Pawe, berkomitmen akan terus melahirkan inovasi yang memberikan manfaat terhadap masyarakat.

"Jadi kami Pemkot mendorong OPD melahirkan novasi baru. Kami apresiasi inovasi Disdukcapil kolaborasi RS Andi Makkaau terkait KIA dan Akta Kelahiran. Inovasi itu dirasakan langsung masyarakat," kata Taufan Pawe, Kamis, 1 September 2022.

Taufan Pawe menjelaskan, inovasi sudah menjadi kewajiban di seluruh jajaran Pemkot Parepare. Menurut Wali Kota penerima 200 lebih penghargaan itu, sejak tiga tahun lalu dirinya mencanangkan sebagai Tahun Inovasi. Jadi, setiap tahun dilakukan perlombaan inovasi terhadap 34 OPD lingkup Pemkot Parepare.

"Itulah karakter dan sifat dari kebijakan saya itu melekat untuk semua OPD. Output-nya bukan kali ini saja kita raih inovasi terbaik. Karena skala nasional kita juga sering raih. Karena inovasi itu menurut saya adalah langkah-langkah terobosan dan kerja responsif yang harus dilakukan demi menyejahterakan masyarakat," tandas Wali Kota Parepare dua periode ini.

Sekedar diketahui, Pemkot Parepare menyabet predikat sebagai daerah dengan inovasi terbaik se-Sulsel pada penilaian penghargaan pembangunan daerah (PPD) 2021 lalu.

PPD itu diselenggarakan oleh Bappenas yang difasilitasi Bapprlitbangda Sulsel. Hasil penilaian diumumkandalam musrenbang RKPD Pemprov Sulsel.

Penghargaan kala itu diserahkan langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan