Operasi Zebra Pallawa, Sat Lantas Polres Pangkep Beri Teguran Sopir Truk Parkir di Bahu Jalan

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari kesepuluh Operasi Zebra Pallawa 2022, personel Sat Lantas Polres Pangkep melakukan Penerangan Keliling (Penling).

Kasat Lantas Polres Pangkep AKP Ida Ayu Made Ari Suastini mengatakan, kegiatan Penling ini sebagai upaya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Pangkep.

"Dalam operasi ini, kami lebih banyak sifatnya humanis, preventif, dan preemtif," ujar AKP Ida Ayu saat dikonfirmasi, Kamis, 13 Oktober 2022.

Dalam Penling tersebut, personel melakukan pembagian stiker imbauan tertib berlalu lintas dan memberikan teguran kepada pengendara yang melanggar.

"Ini guna meminimalisir risiko atau fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, mencegah
terjadinya kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kewaspadaan para pengendara di jalan raya," jelasnya.

Selain itu, juga memberikan teguran kepada sopir truk yang parkir di pinggir jalan. "Ini agar dapat memberikan efek jera, karena parkir di bahu jalan dapat menimbulkan kecelakaan dan kemacetan," imbuhnya.

Meski dalam operasi tersebut ada 7 prioritas, namun Sat Lantas Polres Pangkep tetap memprioritaskan daerah rawan kecelakaan lalu lintas.

"Kami prioritas yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas seperti mobil truk yang parkir di bahu jalan. Meski sebagian besar surat kendaraannya lengkap, tapi kami tetap memberikan teguran agar tidak parkir sembarangan," tutupnya. (min)

  • Bagikan