Inovasi SDN 47 Parepare, Lahirkan Generasi Qurani ‘Si Juz Cerdas’

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Sejak menjabat Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare Sudirman Manda terus merancang berbagai inovasi unggulan. Salah satunya, 'Si Juz Cerdas' yang diharapkan dapat melahirkan generasi qur'ani berakhlak mulia.

Menurutnya, 'Si Juz Cerdas' ini merupakan salah satu program unggulan keagamaan sekolah dan sudah berjalan sejak lama. Bahkan, dengan program ini, sudah ada hasil yang didapatkan dari melalui berbagai proses. Sasarannya, kata Sudirman Manda, adalah peserta didik dari kelas I hingga VI.

"Dari kegiatan ini, kita ingin melahirkan generasi-generasi muda berakhlak mulia. Sehingga ketika, sudah lulus di SDN 47, anak didik kami dapat menyandang Si Juz Cerdas (menghafal 37 surah, red) ," katanya.

Artinya, kata dia, peserta didiknya ketika lulus, mereka sudah mampu untuk menghafalkan dan mengamalkan juz 30 tersebut.

"Semua warga sekolah sudah berkomitmen, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, komite sekolah dan orang tua siswa. Bahkan, orang tua sangat mengapresiasi kegiatan ini," ungkapnya.

"Dan itu sudah disepakati, saat pertemuan orang tua siswa. Bahkan, kelas enam wajib, atau diharuskan menghafalkan juz 'tiga puluh' dalam Al-Qur'an," tambahnya.

Ia menegaskan, 'Si Juz Cerdas' ini adalah program yang telah dirancang sejak dirinya menjabat sebagai kepala SDN 47 Kota Parepare.

"Program ini kita sudah terapkan, pada tangga 25 Maret 2022, dan alhamdulillah berjalan lancar sampai sekarang," ungkapnya

Sudirman Manda menegaskan, khusus Jumat, pihaknya mengajak peserta didik untuk membaca surah yasin di awal mata pelajaran, dilanjutkan salat duha sesuai dengan program majelis anak saleh (MAS).

"Kami di sekolah, mengajak anak anak didik kita menghafalkan surah, ayat Al Hatun Kursi, dan sudah menjadi kewajiban kami. Ini kami mulai dari kelas satu. Bahkan kita bekerjasama dengan orang tua peserta didik. Bahwa, anaknya wajib membaca Ayat Kursi
sebelum tidur," jelasnya.

Sementara, Guru Agama SDN 47 Kota Parepare Desy Pratiwi menyampaikan, 'Si Juz Cerdas' ini sudah tersistem dengan baik. Pasalnya, masing-masing kelas punya kewajiban menghafal surah tersebut.

Dimana, siswa kelas I punya kewajiban untuk menghafal 6 surah, naik kelas II menghafal 12 surah, kelas III menghafal 18 surah, lalu naik kelas IV sudah menghafal 24 surah,
naik kelas V sudah menghafal 31, dan ketika naik kelas VI sudah menghafal 37 surah atau Juz 30.

"Untuk mendukung 'Si Juz Cerdas' ini kami wajib melaksanakan literasi Al-Qur'an setiap hari di sekolah. Minimal lima ayat, dan yang memandu adalah guru dan siswa secara bergantian," kata Desy kandidat magister di IAIN Kota Parepare ini. (has)

  • Bagikan