Kapolres Majene Mengingatkan, Bijaklah Memanfaatkan Teknologi

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kemudahan yang diberikan teknologi saat ini, sangat digemari semua kalangan. Pasalnya, hanya lewat handphone saja, semua yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

"Dari segudang manfaat yang dapat diakses lewat handphone yang kita miliki, ingat ada juga dampak buruk yang besar bisa ditimbulkan," Kapolres Majene AKBP Toni Sugadri mengingatkan kepada seluruh personelnya, saat pelaksanaan apel pagi, kemarin.

Kapolres mengatakan, salah satu contohnya adalah maraknya penipuan, judi, perdagangan video poronografi, penyebaran berita hoax, bahkan sampai pencurian data rahasia perusahaan.

"Pasti kita sering mendengar atau menerima SMS yang bunyinya selamat bapak-ibu Anda memenangkan undian senilai puluhan hingga ratusan juta, itu salah satu contoh penipuan tentunya," tambah Kapolres.

Pada kasus yang berbeda, bahkan ada yang lebih lucu, saat akan memencet tombol ok di handphone dia bilang "Bismillah" padahal sementara memasang nomor di aplikasi judi online.

Masih kata Kapolres, dari semua aplikasi yang ada, jelas banyak oknum yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk melakukan aksi kejahatan. Untuk itu, pihaknya berharap kondisi ini harus menjadi perhatian serius bersama guna menjaga stabilitas Kamtibmas.

"Melek teknologi, selain menikmati manfaat dan kemudahan yang diberikan, dampaknya juga harus diperhatikan," ujarnya lagi.

Kata dia, begitu banyak modus bisa dilancarkan oknum, hanya dengan menggunakan identitas seseorang, kejahatan sudah bisa dilancarkan. Untuk itu jangan gampang memberikan atau menshare identitas di media sosial.

"Jangan mengira, karena kita polisi, kita tidak akan kena tipu. Begitu banyak polisi yang kena tipu, sebaliknya ada juga oknum polisi yang menipu," ungkapnya.

Intinya, semua harus bijak menggunakan teknologi yang ada, cukup digunakan untuk hal-hal yang postif saja, karena semua ada pertanggungjawabannya. (edy)

  • Bagikan