Kolaborasi Brigif, DLH dan Masyarakat Bersihkan Sampah Pesisir Tanggul Cempae

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Personil Brigif 11 Badik Sakti Kota Parepare berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare juga sejumlah warga setempat membersihkan tumpukan sampah  di Pesisir Tanggul Cempae, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare. Pada Rabu 22 Februari 2023.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kesadaran dan kepekaan mereka terhadap kebersihan lingkungan. Juga turut mengambil peran dalam membantu pemerintah sebagai upaya membangun daerah. Salah satunya menjaga kebersihan lingkungan dan pantai dari pencemaran sampah.

Hal itu diungkapkan oleh, Perwira Seksi Teritorial Brigif 11 Badik Sakti Lettu Inf Rusdi, saat ditemui dilokasi.

"Kami merasa bahwa TNI memang harus berada ditengah-tengah masyarakat. Memberikan pelayanan dan kenyamanan. Sehingga selain ingin mengambil peran untuk turut membantu pemerintah saya rasa hal ini memang perlu untuk kami tunaikan," katanya.

Dia menambahkan, selain melakukan kolaborasi kerja bakti di pesisir tanggul cempae pihaknya juga beberapa kali menyambangi lokasi lain untuk melakukan pembersihan lingkunan seperti tempat ibadah, pasar, sekolah dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Parepare, Muh Yusuf Aziz mengaku kegiatan kerja bakti yang dilakukan di tanggul cempae merupakan bagian dari rutinitas pihak DLH dan Kelurahan Watang Soreang.

Namun, keterlibatan puluhan personil Brigif 11 Badik Sakti kali ini membeikan bantuan sumbangsi tenaga dan kepekaan yang luar biasa dan mesti di apresiasi.

"Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi pesisir tanggul cempae ini benar-benar ditumpuki banyak sampah kiriman dari utara dan selatan sehingga bermuara disini," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan beberapa hal unuk menekan potensi terjadinya pencemaran serupa.

Seperti melakulan sosialisasi kepada masarakat Kota Parepare agar membuang sampah pada tempatnya.

"Termauk di pelabuhan, kami juga sudah menyiapkan bak sampah disana," ujarnya.

Ia berharap agar seluruh masyarakat Kota Parepare selalu sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan suasana indah dan sehat. (hes)

  • Bagikan