Pemkab Soppeng Peringati HPSN 2023 dengan Kerja Bakti

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, dengan melakukan kerja bakti di Stadion H Andi Wana Laburawung, Kelurahan Lapajung, Kecamatan Lalabata, Jumat, 10 Februari 2023.

Plt Kadis Lingkungan Hidup Soppeng Makmur Herial S.Hut, MP mengatakan, tema peringatan HPSN tahun ini, Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat.

"Tema ini mengingatkan kita tentang adanya potensi nilai ekonomi yang dimiliki sampah bila dikelola dengan baik, melalui kegiatan pemilihan sampah dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang, sehingga dapat bernilai ekonomi," ujarnya.

Lanjut Makmur katakan, kegiatan kerja bakti ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta memantapkan komitmen Pemkab Soppeng dalam aksi nyata penurunan emisi gas rumah kaca.

Dalam kegiatan ini, melibatkan segenap pegawai Pemkab Soppeng, instansi vertikal, BUMN/BUMD, Badan Usaha Milik Swasta, pemerhati lingkungan, dan masyarakat Kabupaten Soppeng.

Sekretaris Daerah (Sekda) Soppeng, Drs HA Tenri Sessu MSi mengungkapkan, HPSN diperingati setiap tahun sebagai momentum, agar kita semakin baik dalam mengelola sampah dan mampu meningkatkan kepedulian, serta komitmen kita bersama untuk menyikapi sampah dengan lebih baik.

"Pelaksanaan rencana aksi ini, menitikberatkan pada pengelolaan sampah dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca 41 persen yang menjadi target nasional," ungkap Andi Tenri Sessu.

Dia menjelaskan, penyelenggaraan HPSN 2023 berfokus pada pengelolaan sampah melalui kegiatan bulan peduli sampah nasional selama bulan Februari, yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi pada tingkat nasional dan daerah yang dilaksanakan pemerintah daerah, dunia usaha dan elemen masyarakat.

Pengolahan sampah adalah kewajiban bersama sebagai penghasil sampah. Oleh karena itu, kata Andi Tenri Sessu, masyarakat harus bertanggung jawab menjaga lingkungan, agar tetap bersih dan sehat, serta meningkatkan kerja sama dalam upaya untuk mengelola sampah secara berkelanjutan.

"Untuk itu, selaku pemerintah daerah, saya mengimbau seluruh SKPD, Camat, Lurah, dan kepala desa untuk melakukan kegiatan aksi peduli sampah dan melaporkan aksi tersebut," harapnya.

Acara dilanjutkan pemilahan sampah secara simbolis oleh Sekda Soppeng didampingi Plt Kadis Lingkungan Hidup.

Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Soppeng, anggota Forkopimda, Staf Ahli, Asisten Setda, Kepala SKPD, para Kabag Setda Soppeng, dan pimpinan BUMN/BUMD. (wis)

  • Bagikan