Wujudkan Kolaborasi dengan Pemkab Pangkep, IKA UNHAS Gercep Bantu Korban Angin Puting Beliung

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pengurus IKA UNHAS bersama Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan memberikan bantuan bagi korban angin puting beliung yang melanda Kelurahan Bonto Kio, Kecamatan Minasatene, Minggu, 12 Februari 2023.

Gerak cepat yang dilakukan pengurus IKA UNHAS yang sehari sebelumnya dilantik, merupakan implementasi dari janji organisasi tersebut untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep dalam membantu masyarakat.

Hal itu diungkapkan, Ketua IKA UNHAS Kabupaten Pangkep, Adnan Muis kepada parepos.fajar.co.id, malam ini. " Sore tadi, IKA UNHAS Pangkep bersama Pemda Pangkep mengunjungi masyarakat yang tertimpa bencana angin puting beliung yang memporak porandakan beberapa rumah warga di Kelurahan Bonto Kio. Ada 7 kepala keluarga yang tertimpa musibah tersebut,"jelasnya.

Bantuan yang disalurkan, kata Adnan Muis, berupa tenda, selimut, sarung, makanan dan beberapa kebutuhan pokok lainnya serta pakaian bagi warga terdampak. " IKA UNHAS berkomitmen untuk bisa bersinergi dengan pemerintah dalam membantu program pemerintah di segala bidang,"jelasnya.

Senada diungkapkan, Koordinator Lapangan Andi Tenri Awaru yang juga merupakan Lurah Bonto Kio mengakui, aksi ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep dan IKA UNHAS Pangkep untuk meringankan beban bagi masyarakat yang tertimpa musibah. "Jadi kami, setelah mendapat laporan bersama tim langsung turun ke masyarakat dan melihat kondisi dilapangan. Sore tadi bantuan juga telah tersalurkan," singkatnya.

Dilantik Danny Pomanto

Sebelumnya, Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Sulawesi Selatan (Sulsel), PW Sulsel, Danny Pomanto melantik Ketua IKA UNHAS Kabupaten Pangkep Adnan Muis bersama ratusan pengurus yang berasal dari almunus Unhas. “Ini yang pertama, pelantikan di Sulawesi Selatan yang begitu membanggakan hati,” kata Danny dalam sambutannya, Sabtu, 11 Februari 2023.

Sebagai pengurus wilayah, Danny juga menyebutkan terima kasih kepada IKA Unhas Pangkep, karena meperlihatkan memberikan inspirasi tentang formasi pelantikan yang baik. “Kami di pengurus wilayah juga selalu mencari, formasi pelantikan yang terbaik, ternyata Pangkep mewujudkan dalam standar yang sangat membanggakan,” katanya.

Wali Kota Makassar ini menuturkan, visi misi dari IKA pusat adalah kolaborasi untuk negeri, tentunya bagi pengurus wilayah untuk pengurus daerah harus terus berkolaborasi, dengan pemerintah setempat dan mengeloborasi dengan program-program, yang bisa dikontribusikan dari para alumni untuk membantu masyarakat, khususnya masyarakat Pangkep.

Lanjut Danny dalam sambutannya, mengapa pengurus wilayah memilih kata inisiatif, karena inisiatif muncul setelah adanya kolaborasi. “Tanpa kolaborasi tidak ada inisiatif,” katanya. Dalam sambutannya Danny juga memuji tentang Kabupaten Pangkep yang kaya akan sumber daya alamnya dan luar biasa. Selain itu Danny juga memuji alumni IKA Unhas Pangkep dengan kepeduliannya pada masyarakat. “Tadi saya liat pengurus IKA Pangkep peduli terhadap korban bencana, nah seperti itulah kenapa kita harus beralumni,” ujarnya.

Pelantikan IKA Unhas Pangkep dihadiri sejumlah tokoh dan pejabat di Sulawesi Selatan, seperti Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo yang juga merupakan Ketua IKA Makassar, Bupati Kabupaten Maros Chaidir Syam yang juga merupakan Ketua IKA Unhas Maros, dan tokoh lainnya.(*)

  • Bagikan