PSM Juara, Sejarah Tercipta di Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Penantian 23 tahun PSM Makassar dinobatkan sebagai juara BRI Liga 1 Indonesia tahun 2023. Sejarah kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia itu, diraih Pasukan Ramang setelah menjadikan Stadin Gelora BJ Habibie Kota Parepare sebagai home base.

Banyak sejarah yang tercipta di Parepare dengan kesuksesan PSM Makassar menjuari kompetisi BRI Liga 1 Indonesia tahun 2023.

Wiljan Pluim dkk mengangkat trofi juara Liga 1 secara resmi setelah pertandingan melawan Borneo FC. Tropi itu diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bersama Wakil Ketua Umum PSSI, Zainuddin Amali dalam prosesi ceremony closing kompetisi BRI Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare, Minggu malam, 16 April 2023.

Penyerahan tropi disaksikan ribuan suporter PSM Makassar dari berbagai wilayah di Sulsel. Bahkan, ada dari luar Sulsel. Kesuksesan tim Juka Eja--julukan PSM Makassar terbilang spesial.

Bagaimana tidak, perayaan gelar juara itu pun, dikemas dengan pesta rakyat yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Kesuksesan ini juga tidak telepas perjuangan dan kerja keras Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) menjadikan Stadion Gelora BJ Habibie sebagai home base PSM Makassar selama laga musim Liga 1 bergulir.

Tak sampai di situ, Taufan Pawe pun terus hadir bersama suporter PSM Makassar yang tidak hentinya-hentinya memberikan dukungan kepada tim kebanggaan masyarakat Sulsel selama berlaga di Stadion Gelora BJ Habibie. Specialnya lagi, dan tentu meruapakan catatan sejarah bahwa laga pamungkas antara PSM Makassar versus Borneo FC disaksikan sejumlah tokoh dan pejabat pusat.

Bahkan, sesaat sebelum kickoff, Taufan Pawe menjamu para pejabat yang menghadiri perayaan juara Liga 1 2022/2023 PSM Makassar di Kota Parapare. Jamuan buka puasa itu digelar di Auditorium BJ Habibie Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare.

Para pejabat yang hadir, diantaranya Waketum PSSI Zainudin Amali, Founder Bosowa HM Aksa Mahmud, Direktur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa, Direktur PT LIB Munafri Arifuddin, dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

"Ini merupakan silaturahmi dalam menyambut kemenangan PSM Makassar BRI Liga 1 tahun 2023," ungkap Taufan Pawe. Tidak hanya di situ, bagi suporter PSM Makassar yang tidak dapat menyaksikan secara langsung selebrasi kampiun di GBH, juga disiapkan nonton bareng (nobar) di Alun-alun Lapangan Andi Makkassau Parepare.

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah pun tumpah ruang di Lapangan Andi Makkasau menyaksikan PSM Makassar merayakan gelar juara.

"Saatnya, kita berkumpul bersuka cita merayakakan PSM Makassar juara di Kota Cinta, Kota Parepare. Ini momen yang kita tunggu setelah 23 tahun lamanya," kata Taufan Pawe.

Tak hanya itu, Taufan Pawe turut menyiapkan tempat istirahat bagi ratusan suporter di rumah pribadi yang dijadikan Rumah Singgah TP untuk PSM, di Jalan Bau Massepe, Kota Parepare.

"Yang tidak memiliki tiket, kami menyiapkan nobar di Lapangan Andi Makkasau. Kita juga siapkan Rumah Singgah TP untuk PSM untuk tempat istirahat suporter. Kita juga siapkan buka puasa dan sahur," kata Taufan Pawe.

Sebelum menyerahkan tropi kepada PSM Makassar, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, bahwa kompetisi sepakbola di Indonesia kembali dihadiri oleh penonton secara lansung di stadion.

"Kompetisi sepakbola di musim ini dapat dihadiri langsung oleh pentonton di stadion," ujar Menpora saat menyampaikan sambutan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

Menpora berharap industrilisasi olahraga, salah satunya sepakbola dapat dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat Indonesia.

Kemenpora terus mengawal industrialisasi olahraga, khususnya sepakbola yang dapat membawa manfaat bagi perekonomian masyarakat di Indonesia. Menpora pun mengucapkan selamat kepada PSM Makassar.

"Melalui kompetisi sepakbola ini, akan lahir talenta-talenta sepakbola di Indonesia. Selamat kepada PSM Makassar," tandasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan