HKN, Pangerang Rahim Minta ASN Pegang Prinsip Kedisiplinan

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim menyerahkan penghargaan pemenang lomba kelurahan tingkat Kota Parepare usai pelaksanaan upacara memperingati HKN di pelataran Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 19 Juni 2023.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kepentingan masyarakat menjadi atensi bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Itu diungkapkan, Wakil Wali Kota (Wawali) Parepare Pangerang Rahim saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN) di pelataran Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 19 Juni 2023.

Wawali menekankan, agar seluruh ASN Pemkot Parepare senantiasa bekerja 'all out' atau segalanya untuk kepentingan masyarakat.

"Saya meminta kepada seluruh ASN untuk memperlihatkan kapasitas dan kompetensi sebagai abdi negara. Karena sosok abdi negara tidaklah mudah. Kita serahkan secara totalitas jiwa dan raga untuk mengabdikan diri kita kepada masyarakat," kata Pangerang Rahim.

"Trend kemajuan kota kita dari waktu ke waktu semakin baik. Untuk itu saya meminta agar semua bekerja secara all out, mari mengabdikan diri, hingga pada akhirnya pemerintahan kita menjadi tangguh dan punya daya saing," sambungnya.

Wawali mengatakan, dalam melakukan pengelolaan kepemerintahan khususnya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, hendaknya ASN selalu memegang teguh prinsip pengabdian, kedisiplinan dan keikhlasan. Sehingga ASN dapat berkerja secara profesional dan tidak terpengaruh dengan kepentingan orang-orang tertentu.

"Terus menunjukkan pengabdian dan kerja nyata, karena memang filosofi dasar hidup kita adalah pengabdian," harapnya.

Dia berharap, agar ASN terus menjaga frame-nya baik-baik dan jangan keluar dari frame itu karena mekanisme organisasi pemerintahan sangat berkaitan dengan etika dan prinsip pemerintahan, yaitu kedisiplinan.

"Penting bagi seluruh ASN untuk mengembangkan diri, berpikir kritis, berinovasi sehingga memiliki daya saing yang positif. ASN merupakan 'mesin utama' mendorong peradaban baru dalam kelembagaan pemerintah dengan menjalankan program pembangunan. ASN merupakan aset terbaik bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan di masa mendatang," jelasnya.

Wawali juga menjelaskan, pelaksanaan HKN yang dilaksanakan menjadi momentum yang baik untuk melihat dan mengevaluasi hasil kegiatan dalam penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

Bahkan, kata Pangerang Rahim, bahwa pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 94/2021 tentang Disiplin PNS dan PP No. 79/2021 tentang Upaya Administratif dan Badan Pertimbangan ASN, sebagai dasar disiplin kerja para aparatur negara. "Hari kesadaran Nasional ini, kaitannya dalam meningkatkan disiplin ASN," tandasnya.(*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan