Jambore Kader PKK Parepare Wadah Bertukar Pengetahuan

  • Bagikan

PAREPARE, PARE POS -- Pembukaan Jambore Kader PKK tingkat Kota Parepare berlangsung meriah di Kebun Raya Jompie, Sabtu, 24 Juni 2023. Kemeriahan itu, di awali dengan penampilan defile dan yel-yel dari setiap masing-masing peserta.

Bahkan, para penonton tampak antusias mengabadikan momen tersebut melalui ponsel gengamannya.

Tak hanya itu, tujuan Jambore Kader PKK ini sebagai wadah pemersatu.
Salah satunya ajang bertukar pengetahuan dan dapat mentransformasikan situasi-situasi keadaan di daerah masing-masing.

Pembukaan dihadiri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Sekretaris Daerah (Sekda) Parepare, Iwan Asaad, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, para asisten, staf ahli, beserta pimpinan SKPD dan lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK di setiap kelurahan dan kecamatan se-Kota Parepare yang terus bergerak tanpa lelah. Mau itu, pagi, siang hingga malam hari.

"Kenapa saya tahu, karena kami mempunyai grub di aplikasi WhatsApp, dan disitu mereka (kader PKK, red) melaporkan semua kegiatannya. Saya bilang Masya Allah," katanya.

"Perlu yang saya garis bawahi, kalau biasanya terakhir-terakhir itu kader mulai malas, tapi ini makin semangat. Artinya apa, kader PKK yang ada di Kota Parepare bekerja untuk Allah Swt, demi kesejahteraan masyarakat Parepare," sambungnya.

Ia mengingatkan, ada empat kelompok kerja (Pokja) di PKK Kota Parepare. Yakni, agama, pendidikan, sandang pangan, dan kesehatan.

"Semua ini mencakup seluruh kehidupan kita. Saya juga, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Parepare yang selalu memberikan support kepada kami," jelasnya.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, bahwa Tim Penggerak PKK Kota Parepare adalah garda terdepan dalam melahirkan sistem dan subsistem melalui tata tata kelola kepemerintahan itu sendiri.

"Eksistensi PKK sebenarnya kalau kita mau melihat 10 program pokoknya itu sangat jelas, yang diurai menjadi empat pokja. Ada satu hal yang kita harus sadari, lahirnya tegline, atau brending kota ini sebagai Kota Cinta Sejati Habibie Ainun tidak terlepas dari perang PKK dan Dharma Wanita. Ini harus secara terintegrasi untuk mewujudkan 10 progam PKK itu sendiri," ungkap Taufan Pawe.

Sehingga kata Taufan Pawe, jangan pernah menganggap remeh eksistensi PKK dan Dharma Wanita itu sendiri. Karena PKK dan Dharma Wanita menjadi supporting system di Parepare dan ini harus dipahami.

Olehnya itu, kata Taufan Pawe, penyelenggaraan Jambore PKK 2023 yang berlangsung di Kebun Raya Jompie, bisa dikatakan sarat dengan makna.

"Jambore itu sendiri kita harus memaknai sebagai wadah pemersatu. Kita berjambore saling menukar informasi, kita mentransformasikan situasi-situasi keadaan," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam menggerakkan 10 progam PKK, maka harus terintegrasi dengau 34 SKPD di lingkup Pemkot Parepare.

"Janganlah kita berbicara masalah kesehatan, pendidikan, dan pariwisata. Semuanya itu sangat jelas dan terakumulasi demi menuju kesejahteraan masyarakat," harap Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode ini pun mengakui, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare secara objektif sudah mampu menjadi angel, mesin dalam menggerakkan fungsi PKK itu sendiri. Bahkan, dirinya dan Ketua Tim Penggerak PKK telah bersama selama 9,8 bulan di Kota Parepare.

"Masa sih (Erna Rasyid Taufan) tidak mengerti mau di bawah ke mana Parepare ini ke depannya. Jadi kami sudah berbuat untuk masyarakat Parepare. kalau Ibu Ketua Tim Penggerak PKK ini mau menjemput takdirnya maka itulah suara langit," ujarnya.

Taufan Pawe mengucapkan, selamat atas pelaksanaan Jambore PKK Parepare 2023. "Terima kasih kepada Pak Wawali, Pak Sekda, dan jajaran Pemerintah Kota yang memberikan support, dan pada akhirnya kita harus merasa bangga bahwa PKK di Parepare, tidak tertinggal dengan daerah-daerah lain di Sulawesi Selatan. Bahkan, saya bisa katakan inovasi-inovasi paling kuat di Sulsel sesungguhnya lahir di Kota Parepare, sebagai Kota Cinta Ainun BJ Habibie," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan