Ketua Kwarcab Erna Rasyid Membuka Kegiatan KMD Penggalang di SMPN 1 Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan membuka resmi Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Penggalang Pangkalan UPTD SMPN 1 Parepare.

Pembukaan KMD turut dihadiri Ketua Harian Pramuka Parepare, H Minhajuddin Ahmad, Sekretaris HM Makmur, dan Kepala SMPN 1 Parepare, Hj Sri Enyludfiah.

Dalam arahannya di depan para peserta, Erna Rasyid Taufan (Erat) meminta kepada pembina untuk menjadi pribadi pribadi yang dapat diteladani peserta didik.

"Jadi tidak hanya melatih keterampilan dan memberi ilmu pengetahuan kepada peserta didik tetapi mampu bersikap dan bertingkah laku yang baik. Sehingga anak didik kita bisa bercermin seperti bagaimana karakter yang bagus sesuai Dasa Darma Pramuka," pesan Erna yang juga Ketua TP PKK Parepare.

Dasa Darma Pramuka yang dipesankan Erna itu adalah mengingatkan bahwa Pramuka itu terhormat dan dapat dipercaya, setia kepada negaranya dan atasannya, berguna dan bersedia membantu sesama, saudara dengan anggota lainnya, tanpa memandang kelas sosial.

Secara umum, kandungan Dasa Darma, Pramuka adalah Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan dan kesatria, Patuh dan suka bermusyawarah, Rela menolong dan tabah, Rajin terampil dan gembira, Hemat, cermat dan bersahaja, Disiplin, berani dan setia, Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. (*)

  • Bagikan