Pertanahan Soppeng Gelar Sidang PPL Retribusi Tanah 2023, Wabup Lutfi: Beri Kepastian Hukum

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pertanahan Kabupaten Soppeng menggelar sidang Panitia Pertimbangan Landreform (PPL) redistribusi tanah dalam rangka pelaksanaan kegiatan retribusi tanah tahun 2023, di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Rabu, 14 Juni 2023.

Kepala Kantor Pertanahan Soppeng, Fildzah Wajdi SP, MSi mengatakan, kegiatan pertimbangan landreform ini berlangsung selama 2 hari diikuti 6 desa, yakni Desa Parenring, Masing, Tetewatu, Sering, Labae, dan Tellulimpoe.

"Untuk kegiatan retribusi tanah tahun 2023 ditargetkan sekitar 2.350 bidang," ujarnya.

Lanjut Fildzah, setelah melalui beberapa tahapan seperti penyuluhan, inventarisasi dan identifikasi sampai pada sidang PPL ini, bukan merupakan tahap akhir, tapi akan ada tahap lagi sampai terbitnya sertifikat.

Sementara Wakil Bupati Soppeng, H Lutfi Halide mengungkapkan, landreform merupakan salah satu sarana untuk memperbaiki kehidupan rakyat tani, dengan tujuan utama yang hendak dicapai meliputi tujuan ekonomi, sosial politis, dan mental psikologis.

"Untuk melaksanakan tujuan tersebut, pemerintah telah melaksanakan salah satu kegiatan landreform, yaitu kegiatan redistribusi tanah," ungkapnya.

Lutfi menjelaskan, redistribusi tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka pembagian atau pemberian tanah yang bersumber dari objek redistribusi tanah kepada subjek redistribusi tanah dengan pemberian tanda bukti hak (sertifikat).

Tujuan redistribusi tanah adalah mengadakan pembagian tanah dengan memberikan dasar pemilikan tanah, sekaligus memberi kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan. Pada akhirnya tujuan pembagian tanah tersebut dapat memperbaiki serta meningkatkan keadaan sosial ekonomi subjek redistribusi tanah.

"Dengan adanya kegiatan redistrusi tanah ini, selain memberikan kepastian hukum, diharapkan lebih memberikan peningkatan ekonomi pada masyarakat," pungkasnya.

Wabup Lutfi juga mengucapkan terima kasih kepada semua anggota tim Panitia Pertimbangan Landreform yang telah bekerja dalam pelaksanaan kegiatan ini.(wis)

  • Bagikan