Siswa MAN 2 Parepare Membanggakan, Alief Zahran Hidayat Wujudkan Mimpi Kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

  • Bagikan
Alief Zahran Hidayat (tengah) bersama kedua orang tuanya, Zainal Abidin dan Herana.

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Alief Zahran Hidayat, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Parepare yang lulus tahun ini, berhasil meraih mimpinya dalam menempuh jenjang pendidikan tinggi atau kuliah di luar negeri.

Putra dari pasangan Zainal Abidin dan Herana dinyatakan lulus tes masuk di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Alief Zahran Hidayat merupakan salah satu dari sejumlah siswa asal Sulsel lolos di universitas ternama di Timur Tengah itu. Sekaligus menjadi salah satu alumni MAN 2 Kota Parepare yang mengukir sejarah.

Alief Zahran Hidayat juga mampu menghafalkan Alquran 30 Juz. Bahkan, ia pun cukup fasih berbahasa Arab. Prestasi Alief Zahran Hidayat membanggakan. Bahkan menginspirasi bagi genarasi sebayanya di 'Kota Cinta' Parepare.

Alief Zahran Hidayat mengaku bangga bisa diterima di perguruan tinggi luar negeri. Menurutnya, berbagai proses yang harus dilalui untuk meraih mimpinya itu. Bahkan kata dia, berbagai tahapan seleksi ketat dilakukan. "Sejak kecil, saya bercita-cita menjadi seorang ulama besar," katanya.

Dirinya pun bercerita berbagai persiapan dilakukan saat mengikuti tes seleksi calon mahasiswa baru di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Mulai dari, mengikuti bimbingan belajar (Bimbel) selama empat hari di Sekretariat Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah ( ICATT ) yang berdomisili di Paccinongang Kabupaten Gowa.

"Setelah itu, saya mengikuti tes wawancara bersama Syekh Ilham Majdi langsung dari Cairo-Mesir via zoom dengan nilai Mumtaz yang diikuti oleh kurang lebih 3.700 peserta," kata Alif sapaan akrabnya.

"Selanjutnya, saya mengikuti tes tertulis dalam Bahasa Arab Ikhtibar Tashfiyah/Tahdid Mustawa dan tes terakhir adalah tes wawasan kebangsaan," tambah Alief.

Senada disampaikan, Bendahara MAN 2 Kota Parepare, Nurhasman usai mengikuti rekonsiliasi data Peserta P3K/PPNPN Kota Parepare, di Hotel Satria Wisata, Rabu, 14 Juni 2023.

Nurhasman mengatakan, Alief Zahran Hidayat dinyatakan lulus berdasarkan pengumuman resmi dari Markaz Syekh Zayed Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Cabang Indonesia, dengan Nomor Surat : 04.24/Sp.B/PUSIBA-OIAA/VI/2023, pertanggal 13 Juni 2023.

Tak hanya itu, kata dia, Alief akan mengikuti karantina kelas, dalam rangka persiapan Bahasa Daurah lughah, di salah satu lembaga yang telah diakui oleh Universitas Al-Azhar, sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan pada tahun akademik 2023-2024 yang belum dijadwalkan oleh pihak Universitas Al-Azhar.

Nurhasman pun mengaku, bangga dengan prestasi yang ditorehkan alumni MAN 2 Parepare.
" Keberhasilan itu, tentu tidak lepas dari pada pembinaan yang dilakukan oleh sekolah.
Dengan adanya prestasi ini, anak-anak kami dapat mengangkat kualitas pembelajaran di MAN 2 Kota Parepare," imbuh Nurhasman.

Sementara itu, orang tua Alief, Zahran Hidayat mengaku bersyukur dan bahagia karena putranya dinyatakan lulus di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir. Tak hanya itu, dirinya mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua guru di MAN 2 Kota Parepare karena telah membimbing dan mendidik anaknya hingga meraih prestasi.

"Tentunya MAN 2 Kota Parepare bukan sekedar Madrasah Aliyah Negeri yang sifatnya lokal, tetapi Madrasah yang sudah mampu bersaing dengan pondok pesantren/ MA/SLTA yang ada di Indonesia, dan bisa bersaing di tingkat nasional. Apalagi, alumninya bisa go internasional," katanya.

Kepala MAN 2 Kota Parepare Dra Hj Martina MA pun ikut bangga dan bersyukur kepada Alief atas keberhasilan yang dicapai, karena lulus di perguruan tinggi yang terbilang sangat popular di kalangan dunia Islam, yakni Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

"Ananda Aleif Syahran Hidayat, adalah peserta didik MAN 2 Kota Parepare yang penuh talenta dengan semangat tinggi dalam memperjuangkan cita-citanya. Kesungguhan belajar yang sangat kuat dan sangat patuh dalam menerima arahan dan bimbingan guru-gurunya," ujarnya.

"Tentunya dengan iringan doa dari orang terdekatnya terutama kedua orang tuanya, sehingga Allah Swt memudahkan anakda Alif untuk meraih cita-citanya. Harapan dan doa kita selanjutnya adalah mudah-mudahan dia berhasil dengan menyelesaikan pendidikannya dengan hasil yang maksimal," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan