Dosen Kampus V UNM Parepare Berikan Pelatihan Media Berbasis Canva Kepada Guru SDN 20 Rangkas

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID – Dosen Kampus V UNM Parepare memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Canva bagi guru di SDN 20 Rangkas, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada 12 Juli 2023.

Kegiatan itu melibatkan, 17 orang guru dan staf SDN 2o Rangkas. Pelatihan ini, merupakan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen UNM yang merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh para dosen dalam bentuk tim.

Melalui pengabdian penelitian ini, terdiri dari seorang ketua yang merupakan dosen Kampus V UNM Parepare, dan 2 orang anggota pengabdi yang merupakan dosen Kampus V UNM. Yaitu Zaid Zainal dan Dra Rasmi Dajbba. Termasuk melibatkan 2 orang mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus V UNM Parepare.

Ketua Pengabdi Muhammad Asrul Sultan mengatakan, kegiatan pengabdian ini dilakukan berdasarkan dari hasil observasi.

“Yang dilakukan terlebih dahulu dan ditemukan bahwa pengetahuan dan pemanfaatan guru-guru yang ada di sekolah tersebut terhadap aplikasi Canva masih kurang,” katanya.

Sebab itu, kata Dosen Kampus V UNM Parepare ini juga mengakui, di mana aplikasi Canva ini merupakan aplikasi yang bisa sangat membantu guru dalam mendesain dan merancang bahan ajar yang menarik dan kreatif.

“Canva merupakan aplikasi yang menghadirkan berbagai jenis gambar, poster, template presentasi, poster, grafik dan lain sebagainya yang dapat diakses menggunakan akun Belajar.id adalah Canva for Education,” ujarnya.

Lebih lanjut, Canva for education memberikan kebebasan sepenuhnya bagi guru-guru untuk dapat memanfaatkan semua fitur-fitur yang telah disediakan secara gratis untuk digunakan oleh guru dalam mendesain dan merancang bahan ajar di kelas. “Yang pastinya akan membuat suasana kelas semakin menarik dan kreatif sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dikelas meningkat,” tandasnya.(has)

  • Bagikan