Fakultas Keperawatan Unhas Jalin Kolaborasi dengan Puskesmas Mandalle

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjalin kolaborasi dengan Puskesmas Mandalle, Kabupaten Pangkep dalam rangka melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat (pengabmas) melalui skim Program Kemitraan Wilayah Dies Natalis.

Pengabmas itu dengan memberikan pelatihan atau workshop kepada guru-guru di Kecamatan Mandalle dalam rangka Dies Natalis Unhas yang ke-67, dengan menghadirkan narasumber dari Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unhas.

Yakni, Ners Takdir Tahir, Ners Saldy Yusuf, Ners M Arif Sirajuddin dan dr Andi Alfian Zainuddin. Mengusung tema "Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Fungsi Usaha Kegiatan Sekolah (UKS) dalam Meningkatkan Kemampuan Merawat Luka di Pangkep".

Ketua Tim Pengabmas Ners Takdir Tahir mengatakan, pengabmas ini digelar selama dua hari, mulai Kamis - Jumat, 13-14 Juli 2023 di Aula Puskesmas Mandalle, Pangkep.

Pesertanya, adalah 40 guru-guru tingkat SD dan SMP yang berada di wilayah Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep.

"Kita sengaja memilih guru-guru dalam program pengabmas ini, karena merekalah yang memberikan penanganan awal jika terjadi cedera di sekolah. Seperti terluka akibat atau terjatuh," kata Ns Takdir Tahir, yang juga Wakil Dekan III bidang Kerjasama, Riset dan Inovasi, Fakultas Keperawatan Unhas.

Dia juga menjelaskan, kegiatan ini juga menstimulus kembali program-program UKS yang nyaris tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Saya berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh instansi terkait dan menjadi agenda rutin di kecamatan yang lain, agar dapat menstimulus program-program UKS pada umumnya dan upaya-upaya penangan luka pada khususnya," tandasnya. (has)

  • Bagikan