Pemkot Parepare Gelar Temu Koordinasi Forum Bina Kepemudaan, Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Guna meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan bangsa, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) menggelar Temu Koordinasi Forum Bina Kepemudaan yang mengusung tema 'Eksistensi Pemuda Sebagai Sebuah Potensi Membangun Bangsa'.

Dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Parepare, Amina Amin yang mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe didampingi Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka di Bukit Amaish Cafe dan Resto, Kamis, 20 Juli 2023.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat, 20-21 Juli 2023, dengan menghadirkan nara sumber, di antaranya Ketua DPRD Kota Parepare, Kaharuddin Kadir, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Parepare, Erna Rasyid Taufan, serta perwakilan tokoh pemuda.
Hadir sejumlah organisasi kepemudaan.

Amina Amin berharap melalui forum bina kepemudaan ini, dapat menjadi sarana, diskusi dan mencari solusi atas permasalahan-permasalahan, terkait dengan kepemudaan saat ini. Termasuk, untuk mendapatkan masukan positif tentang bagaimana meningkatkan kualitas pemuda di Parepare.

"Saya mengapresiasi tema yang diusung dalam temu koordinasi ini. Yaitu 'Eksistensi Pemuda Sebagai Potensi Membangun Bangsa'. Tema ini saya nilai sangat penting dan strategis untuk kita bahas dan mengetahui sejauh mana peran pemuda dalam pembangunan bangsa, khususnya di Parepare," kataAmina Amin, saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Ia juga mendorong seluruh generasi muda untuk mulai peduli dan berjuang demi masa depan Parepare. Karena, pemuda diharapkan bisa memberikan ide kepada pemerintah, sehingga pembangunan di Parepare berlangsung dengan baik dan terus berkembang. "Kita harus membangun kepedulian pemuda dalam berbagai sektor pembangunan," jelasnya.

Kepala Disporapar Kota Parepare, Amarun Agung Hamka mengakui, kegiatan ini baru tahap awal, karena ke depanya pihaknya akan menggelar kegiatan yang lebih besar, di Oktober, mendatang. "Tujuannya untuk menumbuhkembangkan kreativitas pemuda yang ada di Parepare," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Parepare Kaharuddin Kadir yang menyampaikan materi tentang arah kebijakan pembangunan kepemudaan berpesan, agar pemuda bisa mengetahui potensi dalam dirinya, karena orang yang sukses bisa mengetahui apa kelemahan dan kelebihannya.

"Kalau dalam pengenalan diri itu, kita harus mengetahui apa kelemahannya. Kenapa perlu kita harus mengenal diri kita, karena dengan mengetahui apa kekurangan kita, kita bisa memperbaiki," katanya.

Menurutnya, pemuda modern ke depan tidak mempunyai hambatan, artinya setiap momen selalu ada. Bahkan, kata Kaharuddin Kadir, pemuda modern saat ini harus mempunyai sumber daya manusia yang matang atau terukur.

"Setiap langkah harus membutuhkan persiapan yang matang. Makanya, pemuda harus meningkatkan hobi membaca buku. Apalagi saat ini sarana membaca buku sangat mudah, bisa melalui android," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan