Pemkot Parepare Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah tiba pada 19 Juli 2023. Di tahun baru, umat Islam dianjurkan untuk berinstrospeksi untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender Islam. Menyambut Tahun Baru Islam dengan menggelar zikir dan tausiah hingga Pawai Hijratul Rasul di Kota Parepare.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe beserta jajarannya menggelar zikir dan tausiah yang dirangkaikan salat Magrib dan Isya berjemaah di Masjid Terapung BJ Habibie, Selasa, 18 Juli 2023.

Keesokan harinya, Rabu, 19 Juli 2023, digelar Pawai Hijratul Rasul yang dilaksanakan oleh Majelis Anak Sholeh (MAS) bekerjasama dengan Pemkot Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Sebanyak 20 ribu peserta, baik dari kalangan siswa, guru, hingga orang tua mengikuti Pawai Hijratul Rasul.

Wali Kota Taufan Pawe melepas ratusan barisan Pawai Hijratul Rasul di alun- alun kota Lapangan Andi Makassau. Tampak antusias para peserta yang berjumlah 143 barisan mengikuti Pawai Hijratul Rasul terakhir di era kepemimpinan Wali Kota, Taufan Pawe dengan berbagai atribut dan pakaian yang mencerminkan karakter, budaya, dan cita-cita mereka.

Ada yang mengenakan pakaian muslim lengkap dengan Alquran, tasbih melilit di tangan, sorban, dan properti lainnya. Ada pula yang mengenakan pakaian adat tradisional, hingga pakai dinas kerja (profesi), seperti dokter, guru, TNI, Polri, dan lain sebagainya.

Kemeriahan itu makin seru lantaran Wali Kota Taufan Pawe menyumbangkan uang pribadi sebanyak Rp 17,5 juta sebagai hadiah pemenang juara 1 hingga harapan III.

Pemenang dipilih berdasarkan ketertiban, kerapihan barisan, kreativitas yang menonjolkan aspek religius, dan aspek penilaian lainnya. Taufan Pawe mengatakan, pencetus pawai Hijratul Rasul ini, adalah pembina

MAS Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK.

Menurutnya, Erna Rasyid Taufan adalah sosok penggerak dalam pembangunan keumatan, bahkan sebelum dirinya menjabat Wali Kota Parepare pada tahun 2013, lalu.

"Ibu Erna Rasyid Taufan yang merupakan istri saya, sejak dulu menjadi ibu yang selalu peduli akan pendidikan keagamaan bagi anaknya. Bukan hanya itu, dirinya juga kerap memberikan pembinaan kepada anak jalanan, serta mengikuti beberapa kajian Islam," ungkapnya.

Taufan Pawe mengakui, jika semangat Erna Rasyid Taufan dalam memajukan keagamaan dan keumatan sudah tertanam dalam dirinya.

Dia pun menceritakan, sejak dulu Erna Rasyid Taufan, juga membina anak jalanan untuk melakukan pembinaan keagamaan.

"Kalau soal keumatan, Alhamdulillah beliau (Erna Rasyid Taufan, red) ini paling semangat, bahkan ada anak jalanan atau pengemis yang dibinanya selama ini, dengan rutin membawakan Alqur’an dan juga bacaan tentang Islam. Bahkan tidak sedikit, dia undang para ustaz untuk melakukan pembinaan atau kajian Islam dan pengajian di tempat tersebut," jelasnya.

Wali Kota Parepare dua periode ini pun mengajak memaknai Tahun Baru Islam 1445 H dengan berhijrah secara esensial. "Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang suci dalam Islam. Sehingga umat muslim dianjurkan melakukan peningkatan ibadah dan amal yang baik. Bulan Muharram adalah salah satu bulan umat Islam yang penuh keberkahan. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak melakukan berbagai amalan sunnah dan amal kebaikan," ungkapnya.

Wali Kota di awal dan di akhir sambutannya menyerukan "Allahu Akbar". Seruan itu diikuti ribuan peserta Pawai Hijratul Rasul. "Bulan Muharram adalah bulan suci, mari kita semarakkan dengan memperbanyak amal-amal ibadah, sedekah. Kita berharap Pawai Hijratul Rasul ini menguatkan kecintaan kita kepada Rasul. Kita berharap pula Parepare ke depan bisa lebih maju dengan dipimpin oleh pemimpin yang cinta kegiatan keagamaan," kata Taufan Pawe.

Sementara itu, Pembina MAS Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan menyampaikan terima kasih kepada peserta Pawah Hijratul Rasul yang turut meramaikan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah, terkhusus Majelis Anak Sholeh yang ia telah bentuk.

"Alhamdulillah, tahun ini peserta pawai bertambah hingga ribuan peserta, artinya keberadaan Majelis Anak Sholeh ini memang sangat dibutuhkan dalam pembentukan karakter anak, khususnya dalam bidang keagamaan," kata Erna Rasyid Taufan.

Dirinya, tak lupa memberikan apresiasi kepada Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang turut hadir membuka kegiatan itu, dan bahkan memberikan hadiah secara pribadi kepada peserta juara Pawai Hijratul Rasul.

"Alhamdulillah, bapak Wali Kota (Taufan Pawe) secara peribadi menyiapkan hadiah kepada peserta pawai mulai juara 1,2,3 dan begitupun juara harapan. Ini sebegai bentuk, mendukung pembangunan keumatan di Kota Parepare," tandas Erna Rasyid Taufan. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan