Puluhan Karyawan Semen Tonasa Ikut Workshop Penyusunan Dokumen PROPER 2023

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- PT Semen Tonasa secara konsisten terus menunjukkan komitmennya dalam hal pengelolaan lingkungan.

Baru-baru ini, perusahaan persemenan tertua di Indonesia Timur itu menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen PROPER Tahun 2023.

Bertempat di Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, puluhan karyawan yang tergabung dalam Tim Peningkatan Pengelolaan Lingkungan PT Semen Tonasa, berkumpul untuk menyusun kelengkapan dokumen PROPER dari berbagai bidang, Rabu-Jumat, 5-7 Juli 2023.

Hadir pula dalam kegiatan ini Direktur Operasi PT Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini, GM Perencanaan dan Pengendalian Produksi Yosi Reapradana, serta pihak konsultan dari Puspahadi sebagai pendamping.

Direktur Operasi Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini mengatakan, kegiatan penyusunan dokumen PROPER yang digagas sejak beberapa tahun belakangan ini, memiliki dampak positif dalam upaya pencapaian PROPER Semen Tonasa.

"Sejak keikutsertaan Semen Tonasa dalam penilaian PROPER dari beberapa tahun lalu, memang terjadi pasang surut capaian. Namun, alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir, Semen Tonasa berada di track yang positif," ucap Alfin.

"Yang terakhir di tahun 2022 lalu, kita kembali berhasil meraih PROPER Hijau dengan skor yang cukup baik. Ini menunjukan keseriusan seluruh insan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan namun tetap selaras dengan lingkungan," sambungnya.

Alfin menambahkan, dengan pelaksanaan workshop ini, perusahaan dapat semakin mengetahui gap yang ada, antara realisasi program keberlanjutan yang telah dilakukan dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

"Sehingga, kita dapat mengetahui berbagai kekurangan dan sekaligus melihat potensi yang bisa dikembangkan untuk semakin dapat melakukan improvement," terangnya.

Di antaranya seperti upaya pengembalian fungsi lahan bekas tambang dengan berbagai program penghijauan, peningkatan penggunaan biomass dalam proses produksi, pelaksanaan project Refuse Derived Fuel atau bahan bakar dari sampah, serta peningkatan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Semen Tonasa.

"Kami berharap, agar kegiatan selama 3 hari ke depan ini dapat memberikan hasil sebaik-baiknya, sehingga hasil PROPER pada periode 2023 ini bisa meningkat lagi," ujarnya.

Sementara itu, Pgs GM Komunikasi dan Hukum, Ardiansyah menyebutkan, pelaksanaan workshop penyusunan dokumen PROPER ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam hal mendukung program keberlanjutan melalui industri berbasis lingkungan.

"Tim Peningkatan Pengelolaan Lingkungan yang telah dibentuk manajemen ini, selanjutnya dikarantina di Makassar. Kemudian Tim diminta untuk menyelesaikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan penilaian PROPER oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia," ungkapnya.

Ini juga kata dia, sekaligus sebagai bentuk evaluasi internal atas berbagai hal yang telah, sedang dan akan dilakukan perusahaan dalam rangka meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan di Semen Tonasa.

Sekadar diketahui, Tim Peningkatan Pengelolaan Lingkungan PT Semen Tonasa Tahun 2023 ini terbagi ke dalam 11 bidang yang personelnya berasal dari lintas unit kerja sesuai dengan kompetensi dan keahliannya masing-masing, mulai dari sistem manajemen, energi, hingga pembedayaan masyarakat. (min)

  • Bagikan