Puncak Peringatan HKG ke-5, Erna Rasyid Taufan Dapart Kejutan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Suasana haru mewarnai peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Parepare di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Parepare, Senin, 17 Juli 2023.

Lantaran diakhir acara itu, para ketua PKK tingkat kelurahan dan kecamatan mempersembahkan vokal grup dengan melantukan lagu 'Kemesran' yang pertama kali dinyanyikan Franky Sahilatua, dan dipopulerkan oleh Iwan Fals.

Liriknya adalah kemesraan ini janganlah cepat berlalu, kemesraan ini inginku kenang selalu, hatiku damai, jiwaku tentram di samping mu, hatiku damai, jiwa ku tentram, bersamamu.

Lagu itu diperuntukkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Erna Rasyid Taufan dan Wali Kota Parepare Taufan Pawe, mengingat perayaan HKG itu merupakan perayaan terakhir mereka.

Karena hampir 9 tahun, 8 bulan mereka telah bersama-sama dalam membangun Kota Parepare ini, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

Pada peringatan HKG ke-51 ini mengusung tema, "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh".

Turut hadir Wali Kota Parepare Taufan Pawe, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Erna Rasyid Taufan, unsur Forkompinda, dan lainnya.

Erna Rasyid Taufan menjelaskan, tema yang diangkat ini, dimaknai sebagai kebersamaan dan keterpaduan yang harus digerakkan bersama-sama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga secara keseluruhan untuk Indonesia maju.

"PKK sebagai mitra pemerintah harus menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Pola pemberdayaan yang bertumbuh melibatkan peran serta masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan. Ini prinsip dasar gotong royong yang menjadi warisan budaya bangsa," katanya.

Ia mengakui, apapun bentuk pembangunan yang didukung oleh masyarakat akan menjadi nilai tambah. PKK Kota Parepare selalu mendukung garis kebijakan pemerintah.

"Saya berharap sebagai kader dan keluarga besar PKK tetap berprinsip dan berpesan agar selalu menjaga dan merawat keluarga di tengah era demokrasi dan arus globalisasi yang semakin maju. Mengajak seluruh kader untuk memberikan bimbingan pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK dan dasawisma yang selaras dengan program pemerintah," jelasnya.

Ia menyampaikan, melalui momentum HKG ke-51 agar rangkaian peringatan semacam ini bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja atau seremonial saja, tetapi dapat membawa semangat baru buat PKK ke depannya.

"Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK haruslah selalu menimbulkan semangat yakni membawa semangat baru pada setiap gerak langkah PKK. Semangat yang menggelora senantiasa harus menjadi gerak energi untuk bergerak bersama menuju keluarga sejahtera," ucapnya.

Wali Kota Parepare,Taufan Pawe memberikan apresiasi kepada seluruh Kader PKK. Tak hanya itu, Wali Kota pun menyampaikan, agar kader PKK terus bersinergi dengan Pemkot Parepare khsusunya terkait isu nasional saat ini, yaitu pencegahan, penanganan stunting.

"Pada peringatan HKG ke-51, saya berkeyakinanan PPK akan tampil sebagai organiisasi tangguh dan bisa menjadi mitra pemerintah. Dan mudah-mudahan kader PKK bisa tampil lebih baik dan profesional ke depan," harapnya.

Wali Kota mengakui, penangan stunting antara Pemkot dan PKK yang terus berkolborasi, menunjukkan trend yang sangat positif di Parepare. Penurunannya mulai 18 persen, 13 persen dan sekarang berada diangka 8,7 persen.

"Kader PKK Parepare telah berbuat banyak, buktinya angka penanganan stunting di Parepare terus mengalami penurunan, semoga ke depan dapat bekerja lebih baik lagi bersinergi dengan pemerintah,' tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan