Rawan Kecelakaan di Jalur Nasional, Legislator Senayan, Muh Aras Berikan Diklat Keselamatan Berkendara di Maros

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Aras saat berswafoto bersama di Kabupaten Maros. Rabu, 26 Juli 2023.

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Muhammad Aras kembali menjadikan Kabupaten Maros tempat pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat dalam Keselamatan Berlalulintas.

Kegiatan itu sendiri diikuti ratusan masyarakat Kabupaten Maros yang dilaksanakan di Baruga A Kantor Bupati Maros, Rabu 26 Juli 2023.

Legislatir Senayan, Muh Aras mengungkapkan jika Kabupaten Maros menjadi prioritas karena terdapat banyak jalan nasional.

“Hari ini kita melakukan pelatihan keselamatan berlalulintas ini dimaksudkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat bagaimana pentingnya tatakrama, etika berlalulintas karena berlalulintas ini yang paling banyak menimbulkan kecelakaan” jelasnya.

Ia melanjutkan jika di Kabupaten Maros adalah daerah yang banyak jalan nasional, dimana hampir seluruh kendaraan berkecepatan tinggi.

“Sehingga kita harapkan seluruh pengguna jalan baik itu supir, penumpang, pejalan kali bahkan pedagang kaki lima dan pedagang asongan yang ada di pinggir jalan juga harus mengedapankan tatakrama berlalulintas,” Ungkapnya.

“Kita harap, mereka ini betul betul bisa terhindar dari kecelakaan yang tentu dapat beregang nyawa dan kita berharap bahwa dengan pelatihan ini semua yang hadir bisa mensosialisasikan di lingkungan keluarganya, kantornya dan bahkan di masyarakat umum bagaimana pentingnya mentaati peraturan lalulintas sehingga keselamatan di jalan bisa teratasi dengan baik,” lanjut Aras.

Jaminan jalan terpelihara dengan baik pun tidak henti ia perjuangkan di pusat, seperti halnya jalan nasional yang memang sedang dikerjakan sepanjang Kabupaten Maros sampai dengan Kabupaten Pangkep, bahkan di ruas jalan Kota Pare-pare sudah dikerjakan untuk perbaikan dan perawatan jalan dan juga di Maros sampai dengan Kabupaten Bone melalui camba yang hampir setiap malam macet.

“Hari ini sedang pengerjaan di ruas Camba, nilainya kurang lebih hampir 400 miliar sudah kita gelontorkan untuk mengatasi penyempitan jalan yang ada di sana, termasuk juga di Mandai kita sedang susun DID nya untuk bisa pelebaran,” bebernya.

Sementara untuk antisipasi jangka panjang, Aras yang juga Wakil Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan itu telah merencanakan elevated seperti di Jalan Pettarani.

“Kita juga akan memaksimalkan fungsi jalan lingkar mamminasata yang akan dan dari Maros sampai ke Makassar, Gowa, dan Takalar sehingga ini juga menjadi bagian dari pada program yang tentu akan kita laksanakan, termasuk pemeliharaan jalan yang sedang bekerja ini kita harapkan mampu melancarkan arus lalulintas jalan disana dan seluruh fasilitas jalan akan terawat dengan baik,” sebutnya.

  • Bagikan