Bentangkan Bendera Merah Putih 78 Meter, Taufan Pawe: Wujudkan Semangat Nasionalisme

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Semarak memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Parepare berbeda dari tahun sebelumnya.

Kali ini, kolaborasi TNI, Polri dan Pemkot Parepare membentangkan Bendera Merah Putih raksasa dengan panjang 78 meter. Itu dilakukan di sela pelepasan peserta gerak jalan oleh Wali Kota Parepare, Taufan Pawe di Alun- alun Kota, Lapangan Andi Makkasau, Sabtu malam, 12 Agustus 2023.

Semarak Dirgahayu RI di Kota Parepare akan berlangsung pada tanggal 12 Agustus hingga 15 Agustus 2023. Peringatan HUT RI mengusung tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

Dimeriahkan dengan lomba gerak jalan dan drumband yang pesertanya pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA. Selain itu, juga ada lomba tarik tambang, lari kelereng, dan lari karung. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menyaksikan Bendera Merah Putih yang dibentangkan sepanjang 78 meter.

Bagi Wali Kota, hal itu manjadi sorotan terbaru pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun di Kota Parepare.

"Pertama kalinya di Kota Parepare Bendera Merah Putih terbentang sepanjang 78 meter, ini adalah wujud dari kebersamaan TNI, Polri dan Pemerintah Kota Parepare dalam nuansa HUT RI ke-78 tahun. Ini luar biasa. Terima kasih jajaran TNI dan Polri. Merdeka, merdeka, merdeka, dan kami bangga," ungkap Taufan Pawe.

Wali Kota mengungkapkan, lomba gerak jalan di malam hari ini, telah memasuki tahun keempat. Wali Kota pun menyampaikan, pada periode pertama kepemimpinannya, gerak jalan selalu digelar pada siang hari. Apalagi, jika lomba gerak jalan dilaksanakan siang hari, cuacanya cukup terik dan panas.

"Kasihan anak-anak kita, kepanasan. Karena itu, Alhamdulillah, kita kembali menggelar perayaan lomba gerak jalan dan drumband di malam hari. Ini sudah memasuki tahun keempat," jelas Taufan Pawe.

Wali Kota menyebutkan, HUT ke-78 Kemerdekaan RI terkandung makna bahwa pemerintahan di Kota Parepare terus bergerak, berinovasi dan pada akhirnya membuktikan Kota Parepare adalah kota yang terang - benderang.

"Tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, dilaksanakan pada malam hari karena kami berkeyakinan, eksistensi dan keberadaan TNI/Polri menjaga masyarakat, sehingga malam hari tidak ada rasa takut, rasa cemas karena sesungguhnya Kota Parepare ini adalah kota aman," kata Taufan Pawe.

Wali Kota menjelaskan, terselenggaranya semarak memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Parepare adalah bentuk dari semangat jiwa proklamasi, nasionalisme, dan patriotisme. Serta yang tidak kalah penting adalah semangat kebersamaan jajaran Forkopimda di Kota Parepare.

"Ini adalah merupakan kebahagiaan kita sebagai anak bangsa, kebahagiaan kita sebagai jiwa yang mempunyai proklamasi, nasionalisme dan patriotisme yaitu dalam rangka perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia," ujarnya.

Wali Kota juga mengisyaratkan untuk selalu menjunjung tinggi dan menghargai jasa - jasa para pahlawan, karena sesungguhnya jasa - jasa pahlawan merupakan perjuangan yang mengantar Republik Indonesia hidup di alam kemerdekaan. "Karena jasa-jasa pahlawanlah, yang telah mengantarkan kita, untuk hidup di alam kemerdekaan ini," ungkapnya.

Wali Kota pun berpesan kepada peserta lomba dan masyarakat agar selalu menjaga jiwa nasionalisme, dan patriotisme. Terkhusus untuk selalu menanamkan di dalam jiwa dan raga ini untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap kuat.

"Sehingga di dada ini, dengan jiwa nasionalisme tidak ada yang bisa merontokkan Negara Kesatuan Republik Indonesia kita," jelasnya.

Wali Kota juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam memeriahkan kegiatan ini.

"Saya mengapresiasi kepada segenap pejabat Forkopimda, TNI dan Polri serta para mitra kerja pemerintah kota dari instansi vertikal atas kerjasamanya," tandas Wali Kota Parepare dua periode ini.

Turut hadir Penjabat Sekretaris Daerah Kota Parepare, HM Husni Syam, Ketua Tim Penggerak PKK, Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, Kapolres Kota Parepare, AKBP Arman Muis, Komandan Batalyon (Danyon) Brimob Kompol Ramli, jajaran pejabat lingkup Pemkot Parepare dan unsur Forkopimda. (has)

  • Bagikan