Dahniar Nasrah Bangkitkan Jiwa Nasionalisme Masyarakat di Momen Lomba 17 Agustus

  • Bagikan
Hj Dahniar Nasrah (kerudung merah) saat mengajukan kuis di acara lomba 17 Agustus, Rabu sore, 16 Agustus 2023.

PAREPARE, PAREPOS,CO.ID -- Memperingati 78 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus 2023 ini, biasanya masyarakat Indonesia di setiap daerah turut antusias dengan cara mengadakan berbagai macam acara dan aneke perlombaan untuk memeriahkan hari bersejarah ini.

Mulai dari lomba panjat pinang, lari kelereng, balap karung, lomba nyanyi lagu nasional, hingga tarik tambang. Lomba-lomba yang dimainkan akan membuat suasana makin seru, semarak dan ceria.

Suasana kebahagiaan, keseruan, dan kekinian itu, dirasakan oleh masyarakat di wilayah Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki yang antusias mengikuti lomba 17 Agustus yang diinisiasi oleh pengusaha developer, Hj Dahniar Nasrah.

Keseruan pun tidak bisa terhindarkan, karena lomba itu diselingi dengan kuis. Materi kuis pun memberikan nuansa edukasi untuk membuka memori peserta lomba akan sejarah perjuangan para pahlwan dalam merebut kemerdekaan RI.

Warga, peserta lomba maupun penonton memiliki peluang yang sama mendapatkan hadiah jika jawabannya tepat. Pertanyaan kuis itu disampaikan langsung pengusaha developer, Hj Dahniar Nasrah di lokasi lomba 17 Agustus, Rabu sore, 16 Agustus 2023.

Materi kuis atau pertanyaan tentang sejarah Kemerdekan Indonesia, nama tokoh, nama presiden RI, hafalan Pancasila, nama tokoh Proklamtor, hafalan teks Proklmasi, hingga nama Ketua RT tempat lokasi lomba berlangsung.

Sontak berbagai kalangan mulai anak-anak, remaja hingga dewasa mengajukan diri guna menjawab pernyataan yang diberikan oleh Dahniar Nasrah.

Dahnia Nasrah mengatakan, materi pertanyaan tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Itu sebagai upaya bagaimana membangkitkan jiwa nasionalisme dan patritisme masyarakat, apalagi momennya pas, yakni Hari Kemerdekaan RI

"Alhamdulillah, para peserta sangat antusias menjawab pertanyaan yang diberikan. Bahkan, tidak sedikit dari kalangan anak-anak dan remaja yang mengajukan diri, dan menjawab dengan benar setiap pertanyaan," katanya.

Dahniar Nasrah pun mengaku kagum dan mengapresiasi sejumlah anak-anak dengan lancar menghafal Pancasila dan teks Proklamsi. "Saya kagum dengan kemampuan anak-anak kita yang nanti menjadi generasi penerus untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indoensia ke depannya," ujarnya.

Ia mengakui kegiatan ini merupakan wujud, dan bentuk apresiasinya kepada masyarakat sekitar. Termasuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Ia pun berharap, semangat kemerdekaan ini agar terus terjaga selamanya.

"Selain menumbuhkan semangat nasionalisme, ajang ini juga dalam rangka mempererat silaturahmi antar warga di Keluraha Lompoe, Kecamatan Bacukiki," jelas Dahniar Nasrah yang juga Caleg Hanura Dapil Bacukiki ini.

Tak hanya itu, tebak kuis ini pun mendapat respon positif dari warga sekitar. Salah satunya, adalah Indah mengaku, tebak kuis ini baru pertama kali digelar. "Ini menjadi panggung hiburan bagi kami. Terima kasih kepada Ibu Hajah Dahniar Nasrah yang menfasilitasi kami menggelar kegiatan dalam rangka 17 Agustus," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan