Bapemperda DPRD Barru ke Malang Belajar Bumdes

  • Bagikan

MALANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Ketua Bapemperda DPRD Barru Andi Wawo Mannojengi memimpin rombongan timnya untuk melakukan studi komparatif di kota Malang Jawa Timur. Legislator yang nota bene anggota Bapemperda ini ke Malang untuk bertukar informasi terkait program Badan Usaha Milik Desa( Bumdes).

Hal ini diakui Ketua Bapemperda DPRD Barru Andi Wawo Mannojengi saat dihubungi. “Pihak Bapemperda berada di Malang untuk melakukan studi komparatif soal Bumdes. Apalagi salah satu dari ranperda yang kita persiapkan ada diantaranya Bumdes,” ujar Andi Wawo.

Dijelaskan Andi Wawo Mannojengi jika tim Bapemperda melakukan studi komparasi ke Malang dan Semarang. Kedua kota ini menjadi lokus kunker karena lebih awal menyusun ranperda inisiatif.

“Studi komparasi ranperda
Inisiatif dewan dilakukan dalam rangka menggali potensi desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa serta pengembangan usaha milik desa( Bumdes),” ujar Andi Wawo.

Hal ini dilakukan, lanjut Legislator PPP ini karena Bumdes merupakan salah satu pendorong untuk kemajuan dan kemandirian desa. Penggalian potensi desa harus diperkuat dengan regulasi sebagai bagian muatan lokal dan sebagai faktor utama pengembangan desa.

“Diantaranya memperkuat managemen organisasi, mampu merancang desain strategis pengembangan usaha Bumdes, menggali keragaman usaha dan kemampuan sumber daya dan lain sebagainya,” pungkasnya.(mad)

  • Bagikan