Dekranasda Parepare Kembangkan Ekonomi Kraetif Lewat Moslem Fashion Week

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Puluhan peragawati tampil anggun saat memperagakan busana muslim, hasil rancangan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan pada even Moslem Fashion Week 2023.

Acara itu, melibatkan empat perancang, dan digelar oleh Dekranasda bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare, pada Senin, 9 Oktober 2023, malam.

Melalui kegiatan itu, tampak juga puluhan peragawati dan peragawan tampil layaknya model profesional di atas panggung. Alhasil, penampilan mereka membuat decak kagum para penonton yang hadir.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe hadir membuka kegiatan itu. Turut hadir Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, HM Husni Syam, Ketua Dekranasda Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, pimpinan SKPD, camat dan lurah se-Kota Parepare.

Termasuk, hadir Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XL Dim 1405/Parepare Nyonya Ika Hastiar. Pada kesempatan itu, Wali Kota Taufan Pawe mengucapkan terima kasih kepada Dekranasda Parepare sebagai pemrakarsa pada kegiatan tersebut.

Menurutnya, even Moslem Fashion Week ini merupakan sebuah langkah maju yang dilakukan Dekranasda dalam meningkatkan pemanfaatan busana sehingga dapat melestarikan budaya-budaya lokal di Kota Parepare.

"Saya berharap melalui Muslim Fashion Week 2023 ini dapat membangkitkan budaya lokal, sekaligus menjadi pemikat dan daya tarik bagi dunia pariwisata di Kota Parepare. Banyak pesan dan makna yang terkandung dalam pelaksanaan kegiatan ini dan harus terus kita pertahankan," harap Taufan Pawe.

Wali Kota menjelaskan, pelaksanaan Moslem Fashion Week tersebut menjadi momentum untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Parepare.

"Industri kreatif busana merupakan industri yang saat ini mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai industri yang mempunyai daya saing global mengingat semakin dikenal dan diakuinya kreativitas para perancang busana Indonesia secara global," ungkapnya.

Wali Kota juga berharap Dekranasda dapat bekerja sama dan berperan aktif dalam rangka mempromosikan berbagai hasil kerajinan lokal yang telah dihasilkan. Melalui sinergitas bersama antara pemerintah daerah dan Dekranasda tentu saja dapat meningkatkan daya dukung dan daya dorong dalam upaya meningkatkan perekonomian seluruh masyarakat Kota Parepare.

"Para pengrajin lokal yang berada di bawah asuhan Dekranasda dapat meningkatkan daya saing. Pengrajin harus mampu meningkatkan kualitas produknya, standarisasi mutu secara nasional, dan internasional, serta perizinan," ujarnya.

Ketua Dekranasda Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan berharap melalui Moslem Fashion Week ini dapat memunculkan desainer yang handal di Kota Parepare. "Saya harapkan melalui kegiatan ini, dapat tumbuh kembang desainer-desainer disini. Kenapa? Karena menjadi desainer itu tidak mudah, harus ada talenta khusus yang dimiliki," katanya.

Ia mengakui, penghasilan sebagai desainer tidak perlu diragukan. "Jika generasi pelanjut serius untuk menggeluti hal itu, niscaya dengan izin Allah SWT, bisa menjadi suatu pendukung kehidupan penghasilan," tandasnya. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan