Pemkab Barru dan Baznas Sosialisasi Zakat di Mangkoso

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445H tingkat Kecamatan Soppeng Riaja dipusatkan dihalaman SMP Negeri Mangkoso Kec Soppeng Riaja, Rabu 25/10/2023.

Maulid yang dirangkaikan dengan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dihadiri langsung Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M. Si, turut hadir Ketua MUI Barru yang juga Pimpinan Pompes DDI Mangkoso,Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kepala Kantor Kemenag,Kepala BPJS Ketenagakerjaan,Camat Soppeng Riaja,Kapolsek,Danramil,para Kepala Desa/Lurah dan undangan lainnya.

Bupati Barru H. Suardi Saleh menegaskan, sampai saat ini belum ada yang bisa menyamai prestasinya Kab Barru, paling tidak di Sulsel dalam hal pengumpulan zakat. Bahkan katanya karena prestasi itulah, Kab Barru menjadi lokus studi banding.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kolaborasi pemerintah dengan Baznas serta stakeholder lainnya juga berhasil menurunkan angka kemiskinan ekstrim hingga titik terendah 0,30 % dari 553 jiwa yang berada pada 114 Keluarga Rumah Tangga.

Diuraikan Bupati, upaya penurunan angka kemiskinan Ekstrim dilakukan melalui tiga strategi diantaranya, strategi pertama perbanyak bantuan pemerintah sehingga pengeluarannya kecil. Strategi kedua, kita tingkatkan pendapatannya melalui peningkatan kapasitas dan bantuan UMKM serta strategi ketiga adalah bagaimana menghapus kantong-kantong kemiskinan.

"Kita tentunya berharap melalui kerja kerja kolaboratif dan dukungan semua pemangku kepentingan tersebut sehingga tahun 2024 kemiskinan ekstrim bisa kita tuntaskan", harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut,Bupati Barru menyerahkan bantuan korban bencana alam secara simbolis kepada dua orang penerima, penyerahan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris pegawai syara serta pemberian penghargaan kepada tiga kepala desa pengelola Zakat terbaik di kecamatan Soppeng Riaja. (Humas Ikp)

  • Bagikan