Ditbinmas Polda Sulsel Sosialisasi dan Supervisi Lapas Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulsel menggelar kegiatan Sosialisasi asistensi dan supervisi di Lapas Kelas II A Parepare Senin 13 Novrmber 2023.

Kegiatan sosialisasi dibuka Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH.

Dalam sambutannya Kepala Lapas IIA Parepare menyampaikan bahwa tugas dan fungsi dari Ditbinmas adalah menyelenggarakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan pembinaan ketertiban sosial, pembinaan keamanan swakarsa, koordinasi dan pengawasannya, pembinaan kepolisian khusus, pemolisian masyarakat, serta pembinaan Bhabinkamtibmas.

Salah satunya, kata dia melakukan pembinaan terhadap Polsuspas atau Polisi Khusus Pemasyarakatan dimana Petugas Pemasyarakatan merupakan bagian dari Kementerian Hukum dan HAM yang bertugas mengawasi dan membina narapidana serta menjaga keamanan dan keselamatan mereka di dalam lembaga pemasyarakatan.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian dan kerjasamanya selama ini kepada Direktur Binmas Polda Sulsel," ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi sekaligus asistensi dan supervisi oleh
AKP Khalid Halid Paursi Korpolsus Ditbinmas Polda Sulsel, AKP Yap Dwi Tirta Paursi Binlat Ditbinmas Polda Sulsel.

AKP Khalid Halid menegaskan bahwa tujuan kunjungan tim supervisi dan asistensi adalah untuk memberikan sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Binmas kepada petugas Lapas IIA Parepare yang bertugas mengawasi dan membina narapidana serta menjaga keamanan dan keselamatan mereka di dalam lembaga pemasyarakatan.

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengawasan dan pembinaan Teknis Kepolisian Khusus yang berdasarkan Peraturan Kepolisian (Perpol) No. 9 Tahun 2021 tentang Kepolisian Khusus.
Kepolisian khusus adalah salah satu pengemban fungsi kepolisian yang membantu kepolisian dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

AKP Yap Dwi Tirta selaku narasumber juga menyampaikan dalam kegiatan ini terkait beberapa atensi khusus untuk Polsus Pemasyarakatan Lapas IIA Parepare untuk segera melakukan koordinasi dalam rangka pelatihan-pelatihan yang sifatnya teknis pengamanan serta kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) Polsus.

Nampak hadir Kasat Binmas Polres Parepare AKP. Anwar, SH Kaurbin Ops IPDA Hamka, S.Pd. (**)

  • Bagikan