Ketua DPRD Barru Terima Ranperda APBD 2024

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Rancangan Perda tentang APBD 2024 diserahkan Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si ke Ketua DPRD Barru Lukman T, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Barru, Senin (20/11/2023).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Barru Lukman T.

Bupati Suardi Saleh dalam pidatonya menyampaikan bahwa penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2024, telah bersama DPRD melakukan pembahasan terhadap sejak Kebijakan Umum Keuangan dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA dan PPAS) yang disepakati dalam nota kesepakatan bersama.

"KUA dan PPAS menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah untuk menyusun, menyampaikan serta membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2024 sampai dengan tercapainya persetujuan bersama antara Kepala Daerah dengan DPRD terhadap Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2024", sebut Bupati Barru.

Dirinya menjabarkan bahwa kebijakan rencana Pendapatan Daerah yang dituangkan dalam RAPBD 2024 merupakan perkiraan yang terukur, rasional serta memiliki kepastian dasar hukum penerimaannya.

Dikatakan, anggaran pendapatan daerah pada RAPBD Kab Barru TA 2024 ini, mengalami penyesuaian terhadap alokasi transfer ke daerah antara lain dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus fisik, dana alokasi khusus non fisik, dana desa, dan insentif fiskal.

Lebih lanjut, disampaikan harapan mengenai Rancangan APBD 2024 yang telah diserahkan, menjadi dasar bagi Pemerintah Kabupaten serta harapan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Barru, agar rancangan APBD Barru TA 2024 ini dapat segera dilakukan pembahasan dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

"Insya Allah, pembahasan dan persetujuan atas RAPBD Tahun Anggaran 2024 ini, nantinya menjadi dasar agar proses pembangunan di kab Barru dapat berjalan sebagaimana mestinya dan hasilnya dapat dinikmati semua lapisan masyarakat di kabupaten Barru," sebut Suardi Saleh.

Diakhir sambutannya, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD juga Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) serta seluruh Pimpinan SKPD atas kerja kita semua sehingga Ranperda ini dapat diserahkan.

"Kita semua mengharapkan, kiranya dengan proses kedepannya, pembahasan atas Ranperda APBD 2024 yang telah disampaikan secara resmi kepada dewan yang terhormat dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," harap Bupati Suardi Saleh.

Diketahui Rapat Paripurna dihadiri Wakil Ketua I, Drs. H. Kamil Ruddin M. Si dan Wakil Ketua II, AFK Majid ST, serta segenap Anggota DPRD yang Terhormat bersama jajaran Pejabat Pemerintah Daerah, baik yang secara langsung hadir di ruang Paripurna maupun yang mengikuti via Daring.(mad)

  • Bagikan