Peserta Didik UPTD SDN 47 Raih Juara Terbanyak di FTBI Tingkat Kota Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- UPTD SDN 47 Kota Parepare, baru-baru ini kembali memborong juara pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kota tahun 2023.

Kegiatan itu, digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) di Balai Ainun, belum lama ini.

Ada empat cabang yang diperlombakan, yaitu pidato, mendongeng, komedi tunggal dan menulis cerpen. Dari setiap cabang lomba. Diikuti oleh masing-masing perwakilan putra dan putri tingkat SD maupun SMP.

SDN 47 Kota Parepare, berhasil membawa pulang 4 juara sekaligus. Keberhasilan ini, berkat filosofi Bugis yang diterapkan. Seperti,
'Resopa temmangingngi namalomo naletei pammase dewata. Rekko deceng ritaneng, deceng matotu buangenna' yang artinya
kerja keras tanpa putus asa akan memudahkan untuk mendapat rahmat dari Allah SWT. Ketika menanam suatu kebaikan, maka kebaikan pula lah yang akan dituai.

Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare, Sudirman Manda mengatakan, filosofi Bugis tersebut menjadi inspirasi bagi UPTD SD Negeri Parepare dalam melahirkan peserta didik berprestasi, cerdas dan religius sesuai visi misi sekolah ini.

Menurutnya, adapun peserta didiknya yang meraih juara 1 pada lomba berpidato dan lomba komedi tunggal putra. Yakni, Muhammad Ridho Aditya dan Muhammad Bilal Muslim. Selanjutnya, Jelita Vhiandra berhasil meraih juara 2 putri lomba berpidato. Kemudian Yogi Tri Putra, meraih juara 3 putra lomba menulis cerpen.

Karena itu, Sudirman Manda merasa sangat bersyukur dan berbangga kepada para peserta didiknya yang sudah belajar dengan tekun dan berlatih dengan sungguh-sungguh dalam melestarikan budaya lokal yaitu bahasa daerah Bugis.

"Alhamdulillah, sangat bersyukur dan memberikan apresiasi yang setulus-tulusnya kepada para peserta didik kami, yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama sekolah, sudah mempersiapkan diri dengan baik, belajar tekun, bersungguh-sungguh dan mau belajar bahasa daerah lokal yaitu bahasa daerah Bugis," kata Sudirman Manda yang juga Inovator Terbaik Tahun 2023 Tingkat UPTD Persekolahan se-Kota Parepare.

Dia mengakui, berkat ketekunan tersebut peserta didik SDN 47 berhasil meraih juara terbanyak, yaitu 4 juara sekaligus.

"Insyallah, dua peserta didik kami yang meraih juara 1 akan mewakili Kota Parepare di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan digelar pada tanggal 9 sampai 11 November 2023 pekan ini, oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan," jelasnya

Sekadar diketahui bahwa tahun 2022 lalu, UPTD SD Negeri 47 Kota Parepare juga berhasil mengantarkan dua orang peserta didiknya mewakili Kota Parepare pada Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Kedua peserta didiknya yaitu Muh Athar Nausad berhasil meraih Juara 2 Putra lomba mendongeng. Sementara Zalfaa Khaerunnisa berhasil meraih Juara Harapan Putri lomba puisi Bugis.

"Alhamdulillah, sudah dua tahun berturut-turut ini sekolah kami berhasil mengantarkan peserta didik kami menjadi peraih juara terbanyak pada setiap kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu. Mohon doanya semua masyarakat, semoga peserta didik kami bisa kembali mengharumkan nama Kota Cinta Parepare di tahun 2023 ini," tandasnya.(has)

  • Bagikan