Pj Gubernur Apresiasi Fox Hunting RAPI Berorientasi Promo Wisata

  • Bagikan

MAKASSAR, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat )Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, siap mendukung agenda yang berorientasi promosi wisata daerah dan pengembangan dunia seni musik.

Apalagi, menggenjot promosi wisata daerah dan upaya menghidupkan dunia seni, khususnya musik, bagian dari tugas pemprov Sulsel juga.

Ini ditegaskan Bahtiar saat menerima audiensi Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah Sulsel dan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (DPD PAPPRI) Sulsel, di Rujab Gubernur Sulsel, Rabu, 1 November 2023.

Kebetulan, kedua organisasi hobi dan profesi itu sama-sama diketuai Wali Kota Makassar 2004-2014, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

Secara khusus, Bahtiar meminta agar PAPPRI getol mengangkat musik daerah Sulsel. Lebih memasyarakatkan agar musik itu semakin kental sebagai identitas daerah.

"Musik itu adalah identitas hasil rasa dan karsa manusia. Musik bukan sekedar menyenangkan tapi juga menggambarkan indentitas manusia dan daerah," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, IAS yang juga lebih akrab disapa Aco menyampaikan rasa syukur karena PAPPRI dan RAPI mendapat kesempatan melaporkan dua agenda terdekat, langsung ke Pj Gubernur.

RAPI akan menghelat RAPI-Auto Family Gathering Fox Hunting Series 2023-2024. Program andalan RAPI berskala nasional.

Istimewanya, fox hunting series ini akan dilaksanakan sebanyak 6 etape. Menyentuh seluruh kabupaten kota se-Sulsel minus Selayar. Diperkirakan berlangsung mulai November 2023 dan berakhir Maret 2024, dengan jarak tempuh sekira 1314 KM.

"Nah, even ini sekaligus menitikberatkan promosi wisata daerah. Makanya, dipersiapkan sejumlah pos atau lintasan yang melalui objek wisata unggulan kabupaten dan kota," ungkapnya.

Adapun PAPPRI Sulsel, dijadwalkan akan menyambut Hari Musik Nasional pada 9 Maret 2024 mendatang dengan menggelar festival musik se-Sulsel.

IAS juga menjelaskan lebih jauh tugas PAPPRI sebagai organisasi profesi. Hadir untuk melindungi profesi para musisi. Memfasilitasi musisi lokal agar mampu membaca setiap perkembangan zaman, tetap berkarya, dengan tetap menerima hak ekonomisnya.

"Digitalisasi musik adalah keharusan. PAPPRI hadir untuk memastikan dan melindungi hak anggotanya tetap terpenuhi," tegas IAS.

Dalam pertemuan itu, hadir mendampingi Pj Gubernur, Kadis Kominfo Sulsel, Kadispora Sulsel, Kasat Pol-PP Sulsel, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel, perwakilan KIP Provinsi Sulsel, dan seluruh rombongan pengurus RAPI Makassar. (*)

  • Bagikan