Program Lapak Baca, Satbinmas-Penggiat Literasi Sasar Usia Dini

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Minat membaca berpengaruh besar terhadap kesuksesan anak sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini.

Untuk itu minat baca perlu ditumbuhkan sejak usia dini karena masa anak merupakan waktu yang tepat untuk menumbuhkan kebiasaan.

Keefektifan itu tentu dimulai dengan memperkenalkan huruf, belajar mengeja kata dan kemudian belajar memaknai kata-kata dalam suatu kalimat yang memiliki arti. 

Seperti dilakukan Satuan Binmas Polres Majene dipimpinan Kasat Binmas Iptu M. Rustan bersama Penggiat Literasi Kabupaten Majene menggelar kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Harkamtibmas serta membuka lapak baca di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana, kemarin.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kesadaran akan Harkamtibmas (Ketertiban dan Keamanan) serta mendorong minat baca generasi muda," terang Kasat Binmas Iptu M. Rustan.

Program lapak baca lanjutnya, juga memadukan bimbingan keamanan dan peningkatan minat baca dengan suasana yang menyenangkan, termasuk sesi membaca buku dan permainan games yang edukatif.

"Melalui program lapak baca ditujukan khusus untuk siswa tingkat SD, sehingga diharapkan dapat mengembangkan minat membaca seiring dengan dominasi penggunaan gadget yang cenderung menggeser minat membaca buku," ulasnya.

Rustam menjelaskan, program lapak baca bukan hanya sekadar sebagai ruang membaca, tetapi juga sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan sosial dan interaksi anak-anak dengan lingkungannya.

"Kita berharap tercipta lingkungan yang merangsang minat baca dan membangun kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya kalangan generasi muda," harapnya. (edy)

  • Bagikan