Proyek Kereta Api, Harapan Baru Perekonomian Parepare

  • Bagikan

Tim Penulis : Putri Salsabila, Maharani, Muhammad Wahyudi dan Muh Rifki Hidayat

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Proyek Kereta Api Makassar - Parepare terus digenjot penyelesaiannya. Proyek yang merupakan bagian dari jaringan lintasprovinsi se Sulawesi ini disebut-sebut akan menjadi harapan baru untuk pertumbuhan perekonomian di Parepare.

Data yang dihimpun tim kami menyebutkan, tahap awal proyek ini akan dibangun rel sepanjang 142 kilometer yang melalui Makassar New Port (Makassar), Maros, Pangkep, Barru dan Terminal Lumpue, Parepare. Proyek ini masuk dalam proyek infrastruktur prioritas melalui Proyek Strategis Negara dan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 12 Tahun 2015. Proyek dilaksanakan dengan bantuan APBN dan KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha).

Hingga saat ini, rel yang sudah dibangun kurang lebih 110 kilometer, yang membentang dari Maros sampai Barru. Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan telah melakukan uji coba terbatas di lintasan Garongkong (Barru) sampai dengan Mangilu (Pangkep) dan mendapatkan apresiasi luar biasa dari publik.

Dalam beberapa tahun ke depan, jalur kereta api dari Makassar akan tersambung hingga Manado, Sulawesi Utara. Generasi mendatang juga akan menyaksikan koneksi kereta api hingga ke seluruh provinsi di Sulawesi.

Namun tidak lama lagi, selesainya jalur kereta api Makassar Parepare diharapkan akan membawa manfaat dan dampak ekonomi di sepanjang jalur yang dilewatinya. Terutama Kota Parepare, tentu akan menerima dampak signifikan.

Kereta api akan menjadi moda transportasi darat yang dapat menghemat nilai waktu perjalanan, biaya operasi kendaraan terutama logistik serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja. (*)

  • Bagikan