Diresmikan, Gedung Panrita Perpustakaan Diharap Jadi Ruang Kreativitas dan Inovasi di Parepare

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Gedung Panrita Perpustakaan Umum Parepare resmi digunakan. Peresmian gedung itu, ditandai dengan penguntingan pita oleh Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI Adin Bondar, Minggu 18 Februari 2024. Peresmian itu merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kota Parepare sebagai kado spesial.

Sebelum penguntingan pita, di awali dengan penandatangan prasasti oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali bersama Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Republik Indonesia (RI) Dr Adin Bondar yang disaksikan oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin pada puncak peringatan HUT ke-64 Kota Parepare di Auditorium IAIN Parepare.

Hadir dalam pengguntingan pita, Sekda Parepare HM Husni Syam, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare Ahmad, dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Kota Parepare.

Dr Adin Bondar mengatakan, Gedung Dinas Perpustakaan ini diharapkan menjadi pusat kreativitas dan inovasi.

"Saya berharap, ini bisa terus dikembangkan untuk menciptakan generasi yang memiliki semangat inovatif seperti Pak Habibie," katanya.

Dia menjelaskan, gedung tersebut dianggap sebagai fasilitas yang akan memberikan kontribusi bagi masyarakat, dengan tujuan meningkatkan minat membaca di Parepare.

"Dan secara keseluruhan meningkatkan literasi membaca. Saya juga mengucapkan terima kasih atas sambutannya di Gedung Perpustakaan Kota Parepare yang positif," jelasnya.

Dia menyebut bahwa literasi merupakan hal esensial dan penting bagi peningkatan kesejahteraan umat manusia.
"Semoga gedung perpustakaan ini dapat bermanfaat dengan baik. Kita tahu, pembangunan SDM melalui penguatan budaya literasi dapat dilakukan dengan cara kegemaran membaca, penguatan perbukuan dan konten literasi. Termasuk perluasan akses layanan perpustakaan," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Husni Syam berharap Gedung Perpustakaan Panrita dapat menjadi magnet bagi pencari ilmu pengetahuan.

Serta diharapkan, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Parepare dapat memikirkan untuk membuat terobosan atau inovasi sehingga para pelajar dan mahasiswa berminat mengunjungi Gedung Perpustakaan Panrita.

"Dan usahakan, di dalam gedung ini pengunjung akan bisa berlama-lama membaca buku atau lainnya," harapnya.

Selain itu, kata dia, Panrita adalah orang cerdik pandai yang berarti orang-orang yang ahli di bidangnya melalui kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimilikinya.

Bahkan kata dia, perpustakaan hadir dengan tujuan untuk dapat membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan.

"Termasuk, kata dia dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tenpat perpustakaan tersebut berada," tandasnya.

Gedung yang diresmikan itu terletak di Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Kelurahan Mallusetasi Kecamatan Ujung. Gedung dengan tiga lantai itu sudah aktif menerima pengunjung.

Gedung perpustakaan yang besar itu berdiri di letak yang strategis. Perpustakaan ini juga memanjakan pengunjung dengan fasilitas lengkap. Ruangannya sejuk dan nyaman untuk baca buku hingga kerja tugas.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut Parepare. Sebab, gedung Perpustakaan itu berdiri di pinggir pelabuhan. Suasana itu membunuh rasa bosan dan menambah gairah membaca para pengunjung. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan