Dukung Upaya Pemkot Parepare Gaet Investor, Masyarakat Antusias Sambut Rencana Bioskop di Pasar Lakessi

  • Bagikan
Pedagang Pasar Lakessi Muh Ilyas Halede (kanan) bersama pengunjung menyambut antusiasi rencana biokop di lantai 3 Pasar Lakessi Parepare.

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare untuk menghadirkan industri hiburan, salah satunya yang dijajaki dalam waktu dekat adalah investor papan atas nasional yang bergerak di industri bioskop atau cinema 21 (twenty one). Disambut antusias masyarakat Parepare, khususnya pedangan di Pasar Lakessi.

Lantaran, upaya Pemkot Parepare ini, memberikan angin segar bagi kehidupan pasar semi modern tersebut. Termasuk membawa harapan baru bagi perkembangan ekonomi Parepare.

Apalagi, sejumlah pedagang menganggap keputusan ini sebagai peluang emas untuk meningkatkan daya tarik Pasar Lakessi.

Mereka berharap ada langkah-langkah konkret seperti peningkatan fasilitas parkir, keamanan, dan promosi pasar secara keseluruhan.

Salah seorang pedagang Pasar Lakessi Muh Ilyas Halede merespon baik wacana Pemkot Parepare, khususnya Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare yang menjajaki industri cimena 21 atau bioskop dengan calon investor papan atas nasional.

"Tentu kami sangat menilai, bahwa hal ini sangat positif. Kita harapkan dan sangat menginginkan secepat mungkin itu dilakukan. Karena, selama 10 tahun, kurang lebih kita di Pasar Lakessi, begitu-begitu terus. Istilahnya, kita jalan di tempat," kata pedagang aksesoris ini.

Sebab kata dia, para pedagang di Pasar Lakessi bisa dikatakan sengsara membawa nikmat. Dia berharap, agar Pj Wali Kota Parepare dan jajarannya sebelum melangkah lebih jauh dapat duduk bersama dengan pedagang pasar.

"Seperti dengan membuka sosialisasi, sehingga Pak Pj Wali Kota dapat mendengar suara para pedagang. Jadi saya selaku masyarakat di pasar menganggap ini sangat positif," jelasnya.

Dia berharap dialog antara pedangan dengan pemerintah kota dapat terjalin dengan baik untuk rencana kehadiran bioksop di lantai 3 Pasar Lakessi.

"Dengan forum seperti itu, kita bisa menyampaikan saran dan tanggapan satu-persatu dengan pedagang pasar. Sehingga, bapak Pj Wali Kota bisa juga menciptakan silaturahmi yang baik dengan para pedagang," harapnya.

Selain itu, menurutnya dengan hadirnya bioskop di Pasar Lakessi, akan menarik lebih banyak pengunjung, memberikan semangat baru pada suasana pasar, dan secara keseluruhan memperkaya pengalaman berbelanja.

"Karena sekitar di pasar hidup kembali, dengan menjadi objek kunjungan para pembeli dengan pedagang yang lain," ungkapnya.

Namun kata dia, jika hal ini terwujud, Pasar Lakessi di lantai I hingga III harus nyaman dan aman bagi pengunjung.

"Karena pengalaman saya 10 tahun di pasar, kita sangat terkendala dengan masalah kemananan. Sehingga dengan hadirnya bioskop, semuanya bisa tertata dan dikelola secara nyaman, dan aman," harapnya.

Dia mengungkapkan, pedagang di pasar selalu mendukung program pemerintah. Sehingga kesejahteraan masyarakat terkhusus pedagang itu bisa terwujud.

Dia menekankan, agar tata kelola di pasar dapat diperbaiki. Termasuk, lahan parkir, tata kelola pasar terkhusus para pedagang yang berjualan di badan jalan.

"Yang jelas, hidupkan kembali pasar ini. Karena Pasar Lakessi itu, adalah pasar bahan komoditi yang memang menjadi kunjungan masyarakat di lima titik pasar di Kota Parepare, empat lingkar kecamatan, dan 22 kelurahan. Termasuk, kawasan Ajatappareng, " ujarnya.

Bahkan kata dia, daerah Ajatappareng itu masuk di Kota Parepare, untuk memasarkan produknya di Pasar Sentral Lakessi.

"Jadi dengan adanya bioskop di lantai III Pasar Lakessi, dapat hidup kembali. Dengan catatan, kecil jangan sampai tumpang tindih antara pedagang lama dan baru," ungkapnya.

"Sehingga kita harga itu, tidak sampai kita bergesekan dan pemerintah harus jeli melihat ini, bahwa faktor kemanusiaan itu, kita ke depankan," tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan