Semarak Kemeriahan HUT ke-64 Kota Parepare, Pemkot Gelar Pekan Kebudayaan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare menggelar Pekan Kebudayaan yang akan berlangsung selama tiga hari, Sabtu-Selasa, 24-27 Februari 2024.

Pembukaan acara tersebut dimulai dengan pelaksanaan pawai budaya antara sekolah yang diikuti sebanyak 112 siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali resmi membuka kegiatan itu. Hadir Forkompinda serta sejumlah tamu undangan lainnya, serta para Kepala SKPD, Camat, Kabag serta para Lurah se Kota Parepare.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Niniek Harysani mengatakan, Pekan Kebudayaan ini merupakan rangkaian acara tahunan dalam melestarikan dan juga mengembangkan budaya itu sendiri, untuk tetap maju dan berkembang.

Kegiatan ini juga memberikan gambaran kemajuan Kebudayaan serta bersama-bersama menyemarakan perayaan HUT ke-64 Kota Parepare.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahunnya, sebagai momentum meriahkan HUT Kota Parepare ke 64 tahun , kegiatan ini sendiri akan berlangsung beberapa hari, mulai pada tanggal 24 hingga 27 Februari 2024," katanya.

Niniek menjelaskan, dalam pelaksanaan pekan kebudayaan ini, juga dirangkaikan berbagai kegiatan, di antaranya pawai budaya, olahraga dan seni tradisional sperti Maggasing, Malongga, Tari Jeppeng dan Tari Gendrang Bulo.

"Semua kegiatan yang kami adakan pada dasarnya merupakan kegiatan dengan kekayaan budaya yang ada di Kota Parepare, berbagai permainan yang mulai jaramg ditemui di masyarakat sengaja kita tampilkan agar menjadi motivasi untuk terus melestarikan budaya di tengah persaingan zaman yang serba modern ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini juge melibatkan para siswa mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/sederajat.

Sehingga, menrut dia, pemenuhan pemahaman tentang budaya bisa terus tertanam kepada para siswa-siswi di sekolah masing-masing.

Dia berharap semua terlibat tetap menjaga dan melestarikan budaya itu sendiri, sehingga Kota Tujuan Investasi bisa dicapai bersama, baik dalam bidang kemajuan tekhnologi maupun ke depan dalam bidang kekayaan budaya.

"Tentunya tujuan kita bersama bagaimana jadikan Parepare sebagai Kota Tujuan Investasi, tentunya kita juga memajukan Parepare dalam sektor budaya sehingga menjadi daya tarik tersendiri nantinya dalam kemajuan kebudayaan itu di Kota Parepare," tandasnya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan