Gabungan Komisi DPRD Barru Bertandang ke Kota Samarinda,Ini kata Ketua komisi III DPRD Barru

  • Bagikan
Anggota dprd Barru saat kunjungan kerja di kantor DPRD Balikpapan

BARRU,PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah anggota Dewan yang tergabung dalam Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Barru berkunjung ke kota Samarinda (6/3) lalu.

Hal ini dibenarkan Ir Mursalim Abdullah selaku Ketua Komisi III DPRD Barru via WhatsApp (12/3) di rumahnya.

"Kami berkunjung ke kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur termasuk Balikpapan bersama-sama dengan sejumlah anggota dewan dari Komisi I dan Komisi II DPRD Kabupaten Barru dan Alhamdulillah bertemu dengan DPRD Samarinda,"jelasnya.

Namun dari kunjungan yang pertama kemarin itu ada beberapa hal yang dibahas namun kita akan coba melakukan kunjungan yang kedua dan nantinya mencoba membahas ke yang lebih spesifik dengan menghadirkan sejumlah OPD terkait seperti misalnya ada instansi dari Perizinan atau Dinas Perdagangan Perindustrian dan yang lainnya agar tujuan kita selaku DPRD Barru bisa langsung sinkron.

Sementara itu Andi Wawo Manojengngi, SH.,MH anggota Komisi III secara terpisah mengatakan, kunjungan DPRD Barru ke Samarinda dalam rangka menjajaki kerja sama dengan DPRD dan Pemerintah Kota Samarinda.

"Adapun anggota DPRD Barru yang melakukan kunjungan ke DPRD Kota Samarinda berasal dari gabungan semua komisi,"jelasnya.

Menurutnya kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dan mempelajari potensi yang mungkin dikembangkan kedua daerah, dimulai dari kerja sama legislasi, dan terutama dalam kaitannya Samarinda sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,”ungkap Andi Wawo disela-sela pertemuan dengan Ketua Komisi I DPRD Samarinda H Joha Fajal, (6/3) lalu.

“Kami ingin kerjasama hasil dari Samarinda, terutama dalam hal pengembangan daerah sebagai penyangga IKN. Kami berharap ada ruang untuk kerja sama dengan DPRD Samarinda, khususnya dalam bidang legislasi dan pengembangan daerah,” ujar Andi Wawo yang juga ketua Bapemperda DPRD Barru.

Dilain pihak Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, H.Joha Fazal menyambut baik kunjungan dari DPRD Kabupaten Barru. Ia mengatakan bahwa Samarinda siap untuk menjalin kerja sama dengan Barru dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal pengembangan daerah.

“Samarinda siap untuk menjalin kerjasama dengan Barru dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal pengembangan daerah. Kami memiliki banyak pengalaman dalam hal ini, dan kami siap untuk berbagi dengan Barru,” kata Joha.

Dalam pertemuan tersebut, DPRD Barru dan DPRD Samarinda membahas berbagai potensi kerjasama, diantaranya, pengembangan regulasi yang mendukung pengembangan daerah, pengembangan sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan sumber daya manusia.

Sehingga kedua belah pihak sepakat untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan membentuk tim teknis yang akan merumuskan kerjasama secara lebih konkrit.

“Kunjungan DPRD Kabupaten Barru ke DPRD Kota Samarinda diharapkan dapat membuka peluang kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua daerah. Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pengembangan daerah Barru dan Samarinda, serta mendukung pembangunan IKN Nusantara,” kata Joha.(mad)

  • Bagikan