Hari Kartini Momentum Perempuan Lebih Percaya Diri Terus Berkarya dan Berkarier

  • Bagikan
Apriyani Djamaluddin, Anggota DPRD Parepare

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE--Hari Kartini biasanya disemarakkan dengan inspiratif tentang perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini. Diperingati setiap tanggal 21 April sebagai momentum dalam mencapai kesetaraan dan pendidikan bagi kaum perempuan.

Perempuan masa kini telah mempunyai banyak peran dalam seluruh aspek, meskipun juga berperan sebagai ibu rumah tangga di rumah. Namun, perempuan masa kini, kiprahnya menguat.

Anggota DPRD Parepare Apriyani Djamaluddin menjadikan RA Kartini sebagai tauladan. Sebab, kata dia, sebagai perempuan Indonesia, harus bangga dengan RA Kartini dalam memperjuangkan hak-hak dalam mewujudkan semua cita-cita perempuan, khususnya dalam meraih pendidikan yang setara dengan laki-laki.

Tokoh Perempuan Parepare ini, memakna Hari Kartini adalah bahwa Kartini adalah sosok pahlawan nasional yang berjuang membela hak-hak kaum perempuan untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum dan pendidikan yang layak.

"Berharap bagaimana perempuan di Indonesia khususnya perempuan di Kota Parepare bisa punya perjuangan seperti RA Kartini. Punya kesetaraan mempunyai pendidikan yang tinggi," harapnya.

Lebih lanjut, kata dia perempuan harus punya kesempatan untuk berkarya, punya rasa percaya diri untuk berkarier, dan mampu membangkitkan kualitas hidup.

Legislator perempuan asal PDIP ini menambahkan, partisipasi perempuan Indonesia masih di bawah 30 persen. "Makanya Penting peningkatan partisipasi perempuan agar pengambilan keputusan politik yang lebih akomodatif dan substansial," tandasnya. (has)

Editor: PARE POS
  • Bagikan