Juara di Event Internasional, 2 Robot Karya Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Banggakan UM Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare berhasi meraih satu medali perak dan satu medali perunggu pada ajang Project Exhibition (IPROPEX) 2022 

yang digelar oleh Politeknik Tuanku Syed Sirajuddin (PTSS), Malaysia. 

Ajang tersebut, diikuti dari berbagai perguruan tinggi dari Thailand, Indonesia dan Malaysia. 

Ketua Prodi Teknik Elektro, UM Parepare, Asrul menyampaikan, rasa syukur yang diperoleh oleh mahasiswanya dalam kompetisi bertaraf internasional I-PROPEX 2022 di Malaysia.

Menurutnya, civitas akademika  ramai-ramai memberikan support semangat ke mahasiswanya  yang mengikuti kontes robot Indonesia tahun ini.

"Kami mendapatkan kabar baik dari mahasiswa kami yang memperoleh  medali perak dan perunggu pada ajang internasional yang disenggarakan di salah satu Perguruan Tinggi, Malaysia," kata Asrul saat dihubungi, pada Jumat 17 Juni 2022.

Dia menjelaskan, pada ajang tersebut ada dua orang mahasiswanya yang meraih medali. Untuk medali perak menciptakan sebuah lengan robot yang dapat dikendalikan  secara manual dan otomatis untuk digunakan sebagai pemindah barang.  Untuk emenang medali perunggu, menciptakan Bow Navigation System on Archer Robot Prototype, untuk karya ini merupakan Prototype Robot Pemanah yang dapat dikendalikan secara Wireless untuk melakukan pergerakan Vertikal dan Horizontal. 

"Alhamdulillah sebuah anugerah untuk kita semua dengan keikutsertaan mahasiswa teknik elektro dalam kompetisi bertaraf internasional I-PROPEX 2022 di Malaysia. Sungguh sebuah kebanggaan dan rasa syukur, semua ini tidak lepas dari Ridho dan Rahmat Allah SWT," katanya.

Asrul menyampaikan, ini bukan merupakan keberhasilan yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi Teknik Elektro saja, akan tetapi merupakan prestasi seluruh Civitas Akademika UM Parepare, terkhusus Kantor Urusan Internasional (KUI) UM Parepare.

"Prestasi ini tentunya bukanlah hanya milik mahasiswa teknik elektro ataupun program studi teknik elektro semata akan tetapi ini merupakan prestasi yang dihasilkan oleh UM Parepare dalam hal ini KUI yang sukses mengantarkan UM Parepare ke ajang Internasional," jelasnya.

Dia menambahkan, ini merupakan sebuah kolaborasi, kerjasama, dan saling mendukung antar lembaga dan unit yang harus dipertahankan dalam Civitas akademik untuk mengembangkan Institusi. 

"Sukses bersama untuk kejayaan kampus  dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman di Kantor Kemitraan dan Urusan Internasional yang telah mendampingi kami menjajal kompetisi di tingkat international," tandasnya.(has)

Penulis: HasruddinEditor: PAREPOS
  • Bagikan