Kolaborasi BPJS Kesehatan dan Disnakertrans di Kabupaten Sidrap, Tingkatkan Pemahaman Badan Usaha

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman para pekerja badan usaha tentang program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Parepare bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) menggelar sosialisasi kepada pekerja badan usaha.

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, Dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Ridjal Mursalim menyebut, informasi seputar Program JKN perlu diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat. Dengan begitu, dirinya mengharapkan kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pemahaman badan usaha terkait kepatuhan pendaftarkan pekerja dan anggota keluarganya serta penyetoran iuran dengan tepat waktu, demi kepastian jaminan kesehatan bagi setiap pekerja dan anggota keluarganya dalam Program JKN.

“Berbagai upaya dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta terkait Program JKN. Salah satu yang dilakukan saat ini adalah dengan memberikan sosialisasi yang menghadirkan Kejaksaan Negeri Sidrap dan Pengawas Ketenagakerjaan sebagai narasumber. Diharapkan dengan pelaksanaan sosialisasi ini, informasi yang diterima, dapat disampaikan di internal badan usahanya,” ungkap Ridjal.

Ridjal juga menyampaikan beberapa inovasi yang berbasis digital yang dihadirkan BPJS Kesehatan salah satunya Aplikasi Mobile JKN juga diperkenalkan, beserta manfaat dari fitur-fiturnya.

“Ada beberapa materi yang disampaikan pada sosialisasi tadi, salah satunya terkait dengan aplikasi Mobile JKN beserta manfaat dari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Terkait dengan aplikasi Mobile JKN, sebelum pelaksanaan sosialisasi dimulai, para perwakilan BU yang hadir juga telah melaksanakan skrining riwayat kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN,” tutur Ridjal.

Sementara itu, Pengawas Ketenagakerjaan, Adhan Darwis mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi kepada badan usaha merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat yang dapat meningkatkan pemahaman peserta.

“Sosialisasi kepada badan usaha yang dilaksanakan BPJS Kesehatan hari ini, menurut saya sangat bagus dan sangat membantu. Karena perwakilan badan usaha yang hadir bisa lebih paham terkait Program JKN dan juga terkait kepatuhannya dalam mendaftarkan pekerja beserta anggota keluarganya dan patuh dalam hal pembayaran iuran. Tentunya informasi yang didapatkan, dapat disampaikan kembali di badan usahanya,” tutup Adhan.(*)

  • Bagikan