Taufan Pawe Antarkan Parepare Raih Tiga Penghargaan Nasional

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe antarkan Parepare torehkan tiga penghargaan nasional.

Di antaranya,  penghargaan Kota Paling Berkelanjutan Dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim terbaik se-Indonesia, sekaligus menempatkan Parepare ranking 5 nasional pembangunan berkelanjutan dalam anugerah UI Green City Metric Tahun 2022, di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat pada Kamis, 21 Juli 2022.

Lalu , Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah mendapatkan penghargaan nasional pada ajang BKN Award 2022, sebagai terbaik kedua kategori implementasi penerapan manajemen kinerja untuk Pemerintah Kota tipe sedang, dalam Rakornas Kepegawaian Tahun 2022 di Batam, Kepulauan Riau.

Dan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2022, Parepare kembali mempertahankan KLA kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen P3A) RI.

Penghargaan KLA tersebut sebagai  apresiasi dari Kemen P3A  RI. 

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dari Menteri P3A RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga pada Malam Pengnugerahan Kabupaten Kota Layak Anak 2022 di Novotel Hotel Golf, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 22 Juli 2022.

Penghargaan KLA ini adalah yang keenam kalinya diraih Parepare, semuanya pada masa kepemimpinan Taufan Pawe.

"Penghargaan ini menunjukkan inovasi dan komitmen Parepare sebagai Kota Layak Anak, kota yang ramah anak, kota yang memperhatikan hak-hak dan kebutuhan anak," jelas Taufan Pawe

Komitmen Parepare mewujudkan Kota Layak Anak diperkuat dengan segera hadirnya Perda Penyelenggaraan Kota Layak Anak. 

Parepare pertama kali mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak pada 2017, yakni untuk kategori Pratama. Kemudian berlanjut 2018, kembali mendapatkan penghargaan KLA kategori Pratama.

Pada 2019, penghargaan Kota Layak Anak yang diraih Parepare meningkat menjadi kategori Madya.

Tahun 2020 karena pandemi Covid-19, sehingga tidak ada penilaian. Baru pada 2021 kembali penilaian, dan penghargaan Kota Layak Anak Parepare meningkat menjadi kategori Nindya. Pada 2022, penghargaan KLA kategori Nindya itu kembali dipertahankan. 

Malam Penganugerahaan Kota Layak Anak 2022  dihadiri langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, Kepala Dinas Pemberyaam Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare, Hj Andi Rusia, dan beberapa kepala dinas lingkup Pemkot Parepare.

Menteri P3A RI,  I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan terdapat 312 kabupaten/ kota yang diberikan penghargaan terdiri dari delapan Utama, 66 Nindya, 117 Madya, 121 Pratama. 

Ia mengapresi kepada semua pihak dan mengucapkan selamat atas upaya dan kerjasama yang telah diberikan. 

Ia berharap penghargaan tersebut tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi penyemangat semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing. 

"Dengan bergandeng tangan dimana seluruh pemangku kepentingan  menciptakan lingkungan yang positif supportif dan ramah anak, yakinlah Indonesia akan bangkit sebagai negara maju dan hebat, menuju Indonesia Layak Anak tahun 2030 dan Indonesia Emas 2045," harapnya. 

Pada malam pemganuegrahan tersebut, tidak hanya kabupate/ kota layak anak, namun Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan kepada Provinsi Layak Anak. (ana) 

Editor: PAREPOS
  • Bagikan