Teliti Wisata Halal di Parepare, Wawali Terima Rombongan LPPM Unhas

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Wakil Wali Kota Parepare, H Pangeran Rahim didampingi Sekda Iwan Asaad menerima kunjungan Rombongan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis 7 Juli 2022.

Wakil Wali Kota Parepare, H Pangeran Rahim mengatakan, melalui forum ini, dapat bersama-sama membangun Kota Parepare, dengan berbagai pendekatan sehingga kota ini dapat lebih maju, menjadi kota mercusuar pendidikan, kota rujukan kesehatan, dan kota tujuan wisata.

"Kami bangga atas kunjungan LPPM Unhas yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. LPPM merupakan suatu lembaga yang layak dan memiliki kapasitas dalam menyelesaikan, dan mengadvokasi permasalahan yang berkembang dalam masyarakat," katanya.

Dia juga menjelaskan, LPPM operasionalnya dapat memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun fasilitas-fasilitas lain yang ada dalam lingkungan Unhas. Kunjungan ini semata-mata untuk memberikan berbagai saran guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terutama berkaitan dengan pengaplikasian Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Sains (Ipteks).

"Saya berharap, jika mereka turun ke lapangan, dan berintegritas dengan masyarakat agar menjunjung tinggi budaya masyarakat. Mari kita berkerja sama dan ciptakan perubahan demi kesejahteraan masyarakat di Kota Parepare," jelasnya.

Rombongan LPPM Unhas memboyong sejumlah tim peneliti senior, diantaranya Prof Andi Alimuddin Unde, Prof Budimawan serta lainnya.

Sekretaris LPPM Unhas Suharman Hamzah, mengatakan program kerjasama penelitian dengan Pemkot Parepare terdapat 12 kegiatan dalam setahun. "Kita akan terus meningkatkan kegiatan penelitan LPPM Unas di Parepare.

Ia pun mengapresiasi penyambutan jajaran Pemkot Parepare. " Apalagi Kota Parepare dengan branding kota jasa, sehingga kita berharap kerjasama akan terus diperluas, utamanya di sektor kesehatan dan teknologi di Kota Parepare dengan harapan bermanfaat untuk ilmu pengetahuan demi kemaslahatan," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, LPPM Unhas saat ini telah memiliki lembaga pusat pemeriksaan halal. "Ini sudah bisa dimanfaatkan oleh pemda di Sulsel, khususnya Pemkot Parepare yang menjadi salah satu sasaran penelitian LPPM kami, yakni wisata halal," pungkasnya.

Dalam penyambutan tim peneliti LPPM Unhas juga diahdiri para staf ahli, asisten, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare. Selain tertarik meneliti wisata halal, tim peneliti LPPM Unhas juga tertarik meneliti pengembangan kehutanan bukan kayu. Itu difokusnya terkait potensi pengembangan sejumlah komoditi yang terdapat di wilayah Bacukiki, di antaranya Jambu Mente, Kopi, Kemiri dan lainnya. Tak hanya, penelitian juga mendorong untuk sertifikat halal di tempat usaha kuliner. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan